Dinas Pertanian: Stok Pupuk Bersubsidi Tahun 2021 di Taput Aman

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, melalui Dinas Pertanian, memastikan stok pupuk bersubsidi di wilayah Kabupaten Taput untuk tahun 2021, aman dan tercukupi.

Kepala Dinas Pertanian Taput, Ir SEY Pasaribu, melalui Kabid Sarana dan Prasarana, Revansius Nababan SP, Senin (25/10/2021), kepada media menjelaskan, per bulan Oktober 2021 realisasi pupuk bersubsidi di 15 Kecamatan di Kabupaten Taput.

Dari total 13.345 ton pupuk bersubsidi berbagai jenis, seperti Urea, NPK, SP-36, ZA dan Organik, sesuai daftar di elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK), sebanyak 7.862 ton atau 58,91 persen yang sudah tersalurkan.

"Jadi, stok pupuk bersubsidi untuk tahun 2021 ini kita pastikan aman atau tercukupi," ujar Revansius. 

Dikatakannya, untuk kendala yang sering terjadi adalah diantara pengecer dan para konsumen atau petani.

Terkadang para petani yang sudah terdaftar di kelompok tani tidak mempunyai stok uang untuk membayar pupuk tersebut kepada pihak pengecer. 

Karena sesuai perjanjian, pihak pengecer bisa memberikan pupuk bersubsidi tersebut atau menjual kepada orang lain apabila tidak ditebus atau diambil oleh petani paling lama dua minggu. 

Sebaliknya, mungkin saja ada pihak pengecer sengaja bermain curang dengan menjual pupuk tersebut ke orang lain dengan harga lebih tinggi.

Ia menegaskan, bila ada temuan masyarakat atau petani tentang kecurangan tersebut agar segera melaporkan kepada aparat penegak hukum.

Revansius mengimbau, apabila petani belum terdata sebagai penerima pupuk bersubsidi agar mendaftarkan diri ke kelompok tani di Desa masing-masing, atau membentuk kelompok tani yang baru agar bisa mendapatkan pupuk bersubsidi sesuai peraturan yang berlaku. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini