Bahas Aksi Tawuran & Pungli, Kapolres Belawan Gelar Coffee Morning Bersama Stake Holder

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Guna mencari solusi dan sekaligus memperkenalkan diri kepada stake holder yang ada, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Faisal Rahmat H.S, SIK,SH, MH mengadakan coffee morning, Selasa 12 Oktober 2021.

Kegiatan yang digelar di Aula Wira Satya ini selain dihadiri Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Faisal Rahmat H.S, SIK, SH, MH turut juga hadir Wadan Lantamal Kolonel Marinir TNI AL Amir Kasman, Kolonel TNI AL Erfan, Wakapolres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah, Pasi Ops Marinir Mayor Marinir Santri Mada Sitepu, Kabag Ops Airud Belawan AKBP Jenda K. Sitepu.

Lalu Kapolsek Belawan  Kompol DJ. Naibaho, Kapolsek Labuhan Kompol Edy Safari SH, Kabag Sunda  Kompol Waskita Sheena Sari. SE, SIK, Kasat Reskrim I Kade Cahyadi SH, SKK, MH, Kasat Sat Intelkam AKP Syahrial  E. Siregar SH, MAP, Kasat Lantas AKP Pittor Gultom, SH, Kasat Bimas AKP Gunawan, Kasat Narkoba AKP Juriadi, Kepala Bea Cukai Belawan Tri Utomo, Kepala imigrasi Belawan Berti mustika, Kepala Syahbandar Capt. Jhonny Runggu Silalahi, Pelindo yang diwakili Aulia dan Kepala Napigasi Arif.

Dalam pertemuan tersebut selain memperkenalkan diri sebagai pejabat baru, AKBP Faisal meminta saran dan masukan terkait dengan aksi tawuran yang terjadi di Belawan dan sekitarnya serta pungli yang terjadi di Jalan Tol.

Menurut AKBP Faisal ada sejumlah permasalahan yang menyebabkan terjadinya aksi tawuran dan pungli, diantaranya permasalahan sosial sangat berpengaruh seperti pendidikan dimana paling tinggi tamat SMP lalu menganggur. 

Kemudian anak - anak sekolah yang membuat grup-grup yang isinya saling mengajak tawuran, serta  kurangnya fasilitas olah raga sehingga anak - anak ini tengah malam main bola di jalan dan ini ujung-ujungnya bisa jadi tawuran.

Kapolres berharap, aksi tawuran yang kerap melibatkan anak - anak dibawah umur ini bisa hilang dan tak terulang kembali.

Wadanlantamal Kolonel Amir Kasman dalam kata sambutannya mengatakan, masalah tawuran sudah merupakan imbas dari kondisi sosial di wilayah Belawan. Namun juga sudah menjadi tanggung jawab kita semua dalam penanganannya, kita harus mempelajari dari hulu apa yang terjadi yang menjadi penyebabnya. 

Lanjut Kolonel Amir apabila terjadi tawuran biasanya pihaknya menurunkan patroli Pomal ataupun berkoordinasi dengan pihak Polres dalam penanganannya.

Kolonel Amir Kasman mengajak seluruh stakeholder harus solid agar belawan ini menjadi lebih indah dan aman.

Sementara itu, Asintel Lantamal I Belawan mengatakan terkait tawuran, lawa - lawa dan lain-lain kejadiannya sudah dari dulu, namun dulu pihaknya sudah petakan para pelaku - pelakunya.

"Kalau dulu pelaku tawuran sama lawa - lawa ditangkap itu kami rayapkan di Lantamal, makanya mereka dulu sangat takut kalau personil lantamal sudah datang. kalau sekarang ditangkap malah dikasih makan, jadi saya rasa mereka jadi tidak jera, karena esensi dari hukuman yang sebenarnya adalah efek jera,"ucapnya.

Pengamatan wartawan,kegiatan coffe morning berjalan dengan lancar dan tetap mematuhi himbauan protokol kesehatan dari pemerintah.(Her)

Share:
Komentar

Berita Terkini