Pemko Gunungsitoli dan Kemenkumham Jalin Kerjasama

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Pemerintah Kota Gunungsitoli bersama Kemenkumham RI menjalin hubungan kerjasama terkait Pelayanan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual, (PPKI).

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama yang berlangsung di kantor Walikota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kecamatan Gunungsitoli, Kamis (21/10/2021).

Penandatangan perjanjian kerjasama itu, merupakan tindaklanjut dari penandatangan nota kesepahaman Walikota Gunungsitoli dan Kakanwil Kemenkumham Sumatera Utara, Imam Suyudi Juni 2021 lalu.

Kepada wartawan, Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua, mengatakan bahwa ada cukup banyak kekayaan intelektual komunal di Kota Gunungsitoli.

"Sejak Tahun 2020 sampai dengan Tahun 2021, setidaknya tercatat ada 116 jenis kekayaan intelektual komunal yang terdiri dari 102 ekspresi budaya tradisional dan 14 pengetahuan tradisional", terang Walikota.

Dimana saat ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli telah mengajukan kekayaan intelektual komunal tersebut untuk diverifikasi dan diterbitkan sertifikatnya oleh Kemenkumham RI.

“Perjanjian kerjasama sudah ditandatangani. Saya berharap, kepala perangkat daerah terkait dapat serius menanggapinya. Pemerintah Kota Gunungsitoli berterimakasih, ini bukti keseriusan dari penerapan aturan Kemenkumham RI", kata Walikota.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham RI Sumatera Utara, Imam Suyudi, menyebut jika potensi dan jenis kekayaan intelektual di Kota Gunungsitoli sangat banyak sehingga dapat menjadi basis perekonomian masyarakat.

"Pemerintah Kota Gunungsitoli harus mendaftarkan kekayaan intelektualnya. Karena kekayaan intelektual menunjukkan keberadaan sekaligus eksistensi kehidupan masyarakat. Pendaftaran dilakukan demi melindungi kekayaan intelektual dari berbagai penyelewengan", ujar Suyudi. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini