Kejar Realisasi Target, BPPRD Jemput Bola Tagih Pajak PBB

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Medan menunjukan keseriusannya dalam mengejar realisasi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan Tahun 2021 dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Sebagai wujud keseriusannya, BPPRD Kota Medan melakukan jemput bola melakukan penagihan ke rumah-rumah wajib pajak di Kota Medan, khususnya ke komplek-komplek perumahan mewah di Kota Medan yang memiliki nilai pajak yang terbilang besar.

"Sesuai Instruksi Pak Kaban (Kepala Badan) BPPRD Medan, penagihan PBB ke rumah-rumah mewah di Kota Medan yang nilai pajaknya cukup besar akan kita fokuskan hingga akhir tahun," ucap Kabid PBB- BPHTB BPPRD Kota Medan, Ahmad Untung Lubis kepada wartawan, Sabtu (11/9), di kantor Camat Medan Polonia saat bersiap-siap bersama jajarannya, pihak Kecamatan Medan Polonia, dan pihak Kelurahan Suka Damai untuk melakukan penagihan PBB ke komplek-komplek perumahan elit di kawasan Kecamatan Medan Polonia Medan.

Amatan Wartawan dilapangan, komplek perumahan mewah pertama di kawasan Polonia yang disambangi BPPRD Kota Medan dan tim adalah The Palace Residence.

Diketahui, pada Kawasan town house yang berada di Kelurahan Suka Damai, Kecamatan Medan Polonia, atau tepatnya yang berdekatan dengan Eks Bandara Polonia Medan itu, cukup banyak Wajib Pajak (WP) yang belum membayar PBB rumah mewahnya, meski tanggal jatuh tempo pembayaran PBB pada 31 Agustus 2021 lalu telah berlalu.

"Di The Palace Residence ini total ada 143 WP, dari jumlah itu ada 64 WP yang belum membayar PBB nya untuk tahun berjalan ini, tahun 2021. Jadi secara persentase, ada sekitar 44 persen penghuni The Palace Residence yang belum membayar PBB nya," kata Untung saat berada di The Palace Residance.

Menurut Untung Lubis, nilai PBB rumah per unit di The Palace Residence sekitar Rp10 juta per tahun 2021 ini. Artinya, ada tunggakan PBB sekitar Rp640juta yang masih harus dibayar oleh para penghuni The Palace Residence di Tahun 2021 ini.

"Makanya kita tagih kesini. Tadi kita bertemu dengan admin pengelola komplek dan kita dihubungkan dengan Humasnya, Pak Tampubolon. Mereka berjanji, dalam waktu 1 minggu ini akan dibayar tunggakan PBB nya. Alhamdulillah mereka kooperatif, dan kita tunggu realisasinya dalam 1 minggu ini," ujarnya didampingi Kasubbid PBB Khaidir.

Disebutkan Untung, berdasarkan data yang ada, pada tahun 2020 dan tahun-tahun sebelumnya, para WP di The Palace Residence telah melunasi PBB nya. Diharapkannya di tahun 2021 ini, hal itu bisa kembali terealisasi.

"Dan disini ada Bu Lurah yang ikut bersama kita dalam melakukan sosialisasi dan penagihan PBB. Kita sudah berkoordinasi dan meminta beliau untuk ikut dalam melakukan penagihan di Kelurahan Suka Damai, termasuk di Komplek (The Palace Residence) ini," sebut Untung dihadapan Lurah Suka Damai Juliana Angkat yang ikut dalam kunjungan tersebut.(ds/lilik)

Share:
Komentar

Berita Terkini