Karena Pandemi AstraPay Lahir

Dibaca:
Editor: dicky irawan author photo
Jajaran Board of Director PT Astra International Tbk dalam acara Grand Launching AstraPay, Rabu (15/9/2021). (Foto: screenshoot photo)


Dailysatu.com- "Sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan". Kutipan ayat Al Quran surat Al Insyirah ayat 6 itu sepertinya cocok menjadi dasar lahirnya AstraPay. Mengingat, di saat negeri ini dilanda kesulitan, AstraPay lahir memberikan kemudahan.

Ya, AstraPay melalui PT Astra Digital Astra meluncurkan AstraPay untuk melengkapi layanan keuangan digital. AstraPay memberikan layanan pembayaran yang terintegrasi dengan ekosistem Astra. 

Di September ceria, tepatnya, tanggal 15/09/2021, Astra menggelar Grand Launching AstraPay, dengan tema "Awali Ceritamu Di Sini". 

Tak tanggung- tanggung, Djony Bunarto Tjondro selaku Presiden Direktur Astra International menghadiri grand launching AstraPay yang digelar secara daring tersebut. Suparno Djasmin selaku Direktur Astra International, Meliza Musa Rusli selaku CEO AstraPay dan jajaran Direksi Astra serta Manajemen Grup Astra juga ikut hadir.

Tak kalah menariknya, ratusan awak media Astra Grup juga tertarik mengikuti grand launching tersebut walau memakan waktu selama dua jam lebih. 

Rupanya, ada beberapa hal yang membuat awak media tertarik mengikuti acara tersebut, diantaranya, karena keingintahuan awak media mencari informasi terkait AstraPay yang disebut memiliki teknologi digital terdepan. 

Terlebih lagi, di saat pandemi ini, para jurnalis akan terus mencari informasi baru 

yang bisa memudahkan masyarakat menghadapi pandemi, khususnya dalam hal keuangan. Karena, Pandemi Covid-19 telah  mengubah pola transaksi masyarakat dari tunai menuju digital.

Astra pun mengklaim kehadiran AstraPay akan memudahkan masyarakat bertransaksi dengan mudah. 

"Karena memang tujuan awal AstraPay itu adalah memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran digital,” jelas Meliza Musa Rusli, CEO AstraPay.


AstraPay, Bikin Hidup jadi Lebih Hidup

Seremoni peluncuran resmi AstraPay sebagai aplikasi pembayaran digital milik Grup Astra secara virtual, Rabu (15/9/2021) (foto: screenshoot photo)

 

Memanjakan penggunanya, AstraPay telah menyiapkan berbagai fitur menarik. Seperti fitur pembayaran TV kabel, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), pajak, listrik dan pulsa. Dengan fitur itu, konsumen tak perlu lagi keluar rumah untuk membayar tagihan.

Yang tak kalah menariknya, AstraPay juga telah terintegrasi dengan sistem pembayaran moda transportasi umum, seperti MRT Jakarta dan Transjakarta. AstraPay juga telah terintegrasi dengan ekosistem Astra, seperti fitur direct payment untuk pembayaran dari layanan Grup Astra.  AstraPay telah bekerja sama dengan FIFGROUP, Toyota Astra Finance (TAF), Astra Credit Companies (ACC), hingga Maucash.

Yang paling penting, AstraPay telah mendapatkan lisensi sebagai Uang Elektronik dari Bank Indonesia. Hal ini sesuai dengan surat keputusan No. 22/59/DKSP/Srt/B dan surat keputusan Transfer Dana Nomor 22/273/DKSP/100. 

Dari segi fitur kemanan, AstraPay menggunakan single device authentication yang memungkinkan pengguna untuk login akun di satu device saja. 

Ada lagi fitur menarik lainnya, yakni QRIS. Fitur ini memudahkan penggunanya melakukan pembayaran servis kendaraan di Toyota Sales Operation / TSO, Shop&Drive, Isuzu Sales Operation / ISO, Daihatsu Sales Operation / DSO, dan AHASS. 

Pengguna juga bisa bertransaksi berbagai produk dan keperluan secara mobile. Karena saat ini telah ada sekitar 9 juta merchant di seluruh Indonesia yang telah menerima pembayaran melalui QRIS. 

Banyaknya fitur- fitur yang menarik tersebut menyebabkan banyak masyarakat yang telah menjadi pengguna aplikasi AstraPay. Jumlahnya pun sangat fantastis, yakni 2,2 juta pengguna.

”AstraPay berkomitmen mendukung transaksi pembayaran digital di dalam ekosistem Astra maupun luar ekosistem agar transaksi digital berjalan seamless, aman dan terintegrasi. Komitmen ini sebagai bentuk dukungan Astra terhadap program Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) yang dijalankan Bank Indonesia," jelas Suparno Djasmin selaku Director-In-Charge dari Astra Financial, Transportation, and Logistic. (DS/ Dik)


Share:
Komentar

Berita Terkini