Warga di Perbatasan Taput - Tapsel Minta Pemerintah Perbaiki Jalan Ambles

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Masyarakat yang bermukim di perbatasan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dengan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), tepatnya di Desa Padang Parsadaan, Kecamatan Pangaribuan, Taput, berbatasan dengan Kecamatan Saipar Dolok Hole, Tapsel, meminta kepada pemerintah untuk memperbaiki jalan penghubung di wilayah tersebut. 

Hal itu dikatakan Sormin, seorang warga Padang Parsadaan, Pangaribuan, Sabtu (21/08/2021), saat melakukan gotong royong bersama warga dan sejumlah ormas dari Kecamatan Saipar Dolok Hole, Tapsel. 

Dikatakan Sormin, akibat hujan lebat kemarin telah memicu longsor dan amblas di jalan penghubung tersebut. Sehingga mereka dan warga Kabupaten Tapsel berinisiatif untuk gotong royong membersihkan material longsor dan memperbaiki lubang besar di badan jalan. 

"Kami mohon Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, segera memperbaiki jalan ini. Karena jalan ini sangat penting bagi kami petani di Padang Persadaan," ungkap Sormin. 

Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Saipar Dolok Hole, Tampil  D Simatupang, Ketua PAC IPK Saipar Dolok Hole AR Lubis, dan Ketua PAC PBB Saipar Dolok Hole, A Pasaribu, langsung menggerakkan anggotanya untuk membantu warga membersihkan material longsor dan jalan amblas dengan alat seadanya agar bisa dilewati kendaraan bermotor. 

Ketua PAC PP Kecamatan Saipar Dolok Hole, Tampil D Simatupang, mangatakan longsor dan amblas di jalan penghubung sangat membahayakan warga apabila melintas. Ada yang berlubang sepanjang 4 meter, lebar 3,5 meter dengan kedalaman 2,5 meter. Sepanjang 1 km, ada 3 titik berlubang besar. 

"Pekerja, petani, hingga anak sekolah, mereka harus berhati-hati melintas di jalan ini. Baik dari Pangaribuan maupun dari Sipagimbar, Saipar Dolok Hole," ujarnya. 

Terpisah, Bupati Taput, Drs Nikson Nababan MSi kepada dailysatu.com saat dihubungi, Senin (23/08/2021), mengatakan, Jalan Pangaribuan Taput hingga ke perbatasan Tapsel merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. 

Namun kata Bupati, Pemerintah Kabupaten Taput telah mengusulkan seluruh jalan Provinsi yang ada di Taput agar segera ditangani Pemerintah Pusat. 

"Bulan lalu dari Kementerian PUPR dan dari Provinsi sudah datang meninjau sejumlah jalan prioritas pembangunan di Taput. Termasuk jalan ini sudah kita usulkan segera diperbaiki," ujar Bupati. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini