Pansus RPJMD Minta OPD Harus Satukan Persepsi Bangun Kota Medan

Dibaca:
Editor: dicky irawan author photo


Dailysatu.com- Ketua Pansus Ranperda Rencana Pembangunan Daerah Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan tahun 2021-2026, Sudari, menekankan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Medan harus mampu mengikuti ritme kerja Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution, dalam percepatan pembangunan Kota Medan.

“Selain itu, sesama Kabid Program masing-masing OPD juga perlu melakukan koordinasi dan menyatukan persepsi, sehingga masing-masing program sudah terencana dengan matang dan menyesuaikan dengan masa pandemi Covid-19,” kata Sudari pada rapat pembahasan Ranperda RPJMD Kota Medan 2021-2026, Selasa (3/8/2021).

Saat ini, kata Sudari, banyak persoalan di tengah-tengah masyarakat Kota Medan yang patut disikapi serius, seperti masalah kemiskinan yang menimbulkan kesenjangan sosial. Akibatnya, terjadi aksi tawuran yang berkepanjangan di daerah Medan bagian utara.

“Untuk hal ini perlu perhatikn khusus. Perlu langkah konkrit Pemkot Medan menekan persoalan itu,” pintanya.

Untuk rapat pembahasan lanjutan, sebut Sudari, Pansus akan mengundang sejumlah OPD, khususnya yang bersentuhan langsung dengan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, Dinas PU, Dinas PKPPR, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.

“Ini perlu guna mensinkronkan sejumlah program dengan potensi yang ada, sehingga tidak terjadi lagi program copy paste. Masing-masing program sudah terukur dan mengetahui potensi pendapatan yang akan digali. Ini situasi pandemi Covid-19, harus lebih peka dalam pengelolaan anggaran,” ujar Ketua Fraksi PAN ini.

Jadi, RPJMD 5 tahun ke depan harus mengakomodir persoalan itu. “Sama halnya dengan persoalan Covid-19, banyak aspek yang terinbas. Ini perlu antisipasi sejak dini,” tandas Sudari.

Sementara Kepala Bappeda Kota Medan, Benny Iskandar, mengaku sependapat dengan usulan dewan dan bersedia menghadirkan sejumlah OPD pada rapat lanjutan RPJMD. (DS/ Dik)

Share:
Komentar

Berita Terkini