Nakes RSUD. dr. M. Thomsen Nias Kerap Mendapat Ancaman

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Tenaga kesehatan (Nakes) di RSUD dr. M. Thomsen Nias, Sumatera Utara, disebut kerap mendapat ancaman.

Ancaman itu datang dari keluarga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang sedang dirawat intensif di RSUD dr. M. Thomsen Nias.

Demikian disampaikan Kabid Pelayanan RSUD. dr. M. Thomsen Nias, dr. Hotman Purba, kepada wartawan melalui pesan WhatsApp, Jumat (6/8/2021).

Hotman menerangkan, tidak jarang keluarga pasien Covid-19 mengamuk dengan memaksa membawa pulang pasien yang sedang dirawat dari RSUD. dr. M. Thomsen Nias.

"Keluarga pasien sering marah-marah, ketimbang dokter dan perawat di bacok keluarga kami memilih pasrah dan tidak berdaya. Sebab kami hanya tahu merawat dan mengobati pasien", kata Hotman.

Menurut Hotman, seharusnya Satgas Covid-19 dapat lebih berperan aktif mengantisipasi kondisi ekstrim yang kerap dihadapi dokter dan perawat saat menangani pasien Covid-19.

"Dokter dan perawat tidak ada kekuatan menahan amarah keluarga pasien Covid-19, terlebih kami bukan polisi ataupun TNI", ujar Hotman.

Disinggung terkait kelengkapan alat medis dalam penanganan pasien Covid-19, Hotman mengklaim bahwa RSUD. dr. M. Thomsen Nias sudah memilikinya.

"Meski rumah sakit tipe C, namun untuk menangani pasien Covid-19 dengan gelaja berat RSUD. dr. M. Thomsen Nias mempunyai peralatan HFNC dan Ventilator", beber Hotman. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini