Meriahkan HUT RI, Dinas Pariwisata Gunungsitoli Gelar Festival Seni Budaya

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke 76, Dinas Pariwisata Gunungsitoli menggelar festival dan kreativitas seni budaya, Jumat (13/8/2021).

Kegiatan itu rencananya berlangsung secara live streaming melalui akun media sosial facebook Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo Kota Gunungsitoli, serta media partner yang dipercaya.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Pariwisata Kota Gunungsitoli, Meiman Harefa, menerangkan bahwa festival seni budaya tersebut menampilkan atraksi musik tradisional Nias dalam kemasan etnik kontemporer kekinian.

"Penampilan atraksi musik tidak hanya menggunakan alat tradisional, namun dikolaborasikan dengan alat modern sehingga menghasilkan genre musik lebih fresh", kata Meiman, Senin (10/8/2021).

Menurutnya, atraksi musik tradisional itu dibawakan komunitas kaum muda yang kreatif dengan dukungan pemerhati pariwisata dan kebudaayan di Kota Gunungsitoli.

"Festival bertujuan untuk melestarikan budaya Nias. Dimana, Nias dikenal atas kekayaan budaya dan tradisi yang memiliki keunikan tersendiri. Baik bahasa, arsitektur, kuliner, pakaian hingga kesenian otentik seperti tarian dan musik", ujar Meiman.

Meiman menambahkan, jika bicara tentang musik, masyarakat Nias dapat menciptakan sebuah karya seni melalui kreasi nada yang mengandung nilai dan pesan melalui suara khasnya.

"Kami berharap, masyarakat Kota Gunungsitoli mendukung festival dan kreativitas seni budaya ini dengan beramai-ramai menontonnya", tandas Meiman. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini