Diduga Tercemar Limbah Pabrik, Ratusan Ribu Ikan Dan Udang Milik Warga Mati

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com -  Warga lingkungan 15,  Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara digegerkan dengan ratusan ribu ikan dan udang mati di tambak mereka, Kamis 12 Agustus 2021.

Terdapat puluhan ribu ikan jenis nila dan udang di lebih dari 30 tambak milik warga seluas 10 hektar yang mengalami kematian. Warga juga berusaha menangkap ikan yang masih hidup, agar bisa diselamatkan.

Warga menduga kematian ribuan ikan dan udang mereka,  disebabkan oleh aktivitas salah satu pabrik pengolah minyak sawit berdekatan dengan tambak yang diduga membuang limbah ke tambak mereka.

Seorang pemilik tambak, Mangatar Tamba mengatakan akibat kejadian itu dirinya mengalami kerugian hingga menjacai jutaan rupia.

"Udang dan ikan kami tidak lama lagi panen," katanya.

Disinggung penyebab kematian udang dan ikan miliknya, Tamba mengaku belum tahu pasti dan berharap penegak hukum dan pemerintah segera bertindak.

"Lihatlah, air tambak kami hitam padahal sebelumnya tidak pernah seperti ini," ujarnya.

Guna mencari penyebab kematian udang dan ikan tersebut, puluhan warga pemilik tambak mendatangi pabrik PT Able Commoditien Indonesia yang letaknya tidak jauh dari lokasi tambak warga.

"Pihak pabrik mau bertemu dengan kami namun hanya perwakilan saja," kata warga. 

Terpisah Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan Armansyah Lubis mengatakan, pihaknya akan segera melakukan penyelidikan dan menurunkan petugas dari bagian pewasan ke lokasi tambak. 

"Secepatnya petugas dari bagian pengawasan ada aku turunkan," kata mantan Camat Marelan itu melalui WA.(Heri)

Share:
Komentar

Berita Terkini