Camat Gunungsitoli Utara Mengaku Kinerja Satgas Desa Belum Maksimal

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Camat Gunungsitoli Utara, Torotodo Zega SE, mengakui bahwa kinerja Satgas Desa di Kecamatan Gunungsitoli Utara belum maksimal.

Namun demikian, pihaknya terus mendorong Satgas Desa dapat lebih aktif menjalankan tugas serta fungsi dalam mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan Torotodo usai melaksanakan sosialisasi penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) dan Surat Edaran (SE) Walikota Nomor 400/5631/KESRA/2021, Sabtu (14/8/2021).

Menurut Torotodo, di lain sisi harus diakui Satgas Desa sudah menjalankan tugas dengan melakukan sosialisasi, pembagian masker, sarana tempat cuci tangan, dan penyemprotan desinfektan di rumah-rumah warga.

"Meski belum maksimal, sejauh ini Satgas Kecamatan bersama Satgas Desa telah bekerja keras untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Gunungsitoli Utara", kata Torotodo.

Torotodo menerangkan, dalam mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19 Satgas Desa di Kecamatan Gunungsitoli Utara menerima alokasi APBDes sebesar 8%.

Alokasi APBDes itu, lanjut Torotodo, yang kemudian digunakan Satgas Desa menjalankan tugas dan fungsinya seperti mensosialisasikan prokes, menyediakan masker, sarana tempat cuci tangan, serta cairan desinfektan.

"Penggunaan anggaran disusun pada Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang diketahui oleh Pemerintah Kecamatan. Jadi tidak sembarangan digunakan, harus sesuai RAB", ujar Torotodo.

Torotodo menambahkan, sebelum menggunakan alokasi APBDes sebesar 8% Satgas Desa juga diwajibkan berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Gunungsitoli Utara.

"Sejauh ini, koordinasi antara Satgas Desa dan Pemerintah Kecamatan berjalan baik. Karena tanpa ada evaluasi dari kami, penggunaan anggaran tidak bisa direalisasikan", pungkasnya. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini