Bupati Dairi dan Dinas Kehutanan Provsu sepakat Tanam Kembali Pohon Yang Gundul di Kawasan Lae Pondom

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara Herianto, Kepala UPTD KPH wilayah XV Kabanjahe Jaka, Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH, Kasdim Mayor Inf Sunarto, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Dairi Amper Nainggolan, Inspektur Dairi Budianta Pinem, mewakili PN Sidikalang, mewakili Kajari Dairi Azmi Novendri SH, Camat Silalahi H Silalahi, Camat Sumbul R Simamora melakukan penanaman pohon dikawasan hutan Lae Pondom, Kamis (26/8/2021). 

Bupati Eddy dalam kesempatan tersebut menyampaikan, penanaman pohon ini sangat perlu dilakukan karena saat ini, hutan kawasan Lae Pondom sudah dalam kondisi kritis. Eddy mengajak, dalam kondisi seperti ini, masyarakat harus mengambil peran untuk menanam pohon agar kondisi Danau Toba bisa ideal. 

"Hutan Lae Pondom ini kan berada dikawasan Danau Toba. Jika kita tidak menanam pohon, sedangkan kondisi hutan kita ini sudah kritis akan berdampak pada kestabilan Danau Toba. Danau Toba adalah tanggapan air yang perlu kita pelihara bersama," ujarnya.

Selanjutnya, kami sudah sepakat untuk menanam kembali pohon bagi hutan yang sempat gundul di Kabupaten Dairi. Kami akan Carikan bibit sebanyak mungkin dan kita akan tanam langsung dan pohon yang ditanam adalah tanaman tua yang bisa menyerap air. Untuk itu, mari kita satukan persepsi kita dan ayo lakukan penanaman pohon bersama-sama karena ini adalah tugas kita bersama," tuturnya. 

Herianto mengucapkan terimakasih kepada Bupati Eddy karena dukungan dan respon Eddy terhadap terhadap penanaman pohon di Kabupaten Dairi sangat luar biasa. 

"Sebenarnya ini adalah tugas kami dari Provinsi, namun Bupati Eddy sangat welcome dan ikut turun tangan langsung untuk melakukan penanaman ini," ucapnya

Herianto juga mengatakan, bahwa penanaman ini adalah Perlindungan dan pengamanan hutan. Herianto mengaku pada tahap pertama akan dilakukan penanaman pohon sebanyak 2000 batang dan tahap kedua akan dilanjut dengan 2000-3000 batang pohon. 

"Tahap pertama dimulai sejak Selasa (24/8/2021) dan akan ada tahap kedua. Kami sadar bahwa kami memiliki keterbatasan untuk itu kami meminta dukungan dari seluruh elemen serta masyarakat Kabupaten Dairi," pintanya.(ds/Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini