Walikota Medan Diperintah Hakim Agar Lapangan Merdeka Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Perkara gugatan warga/Citizen Lawsuit yang diajukan oleh Koalisi Masyarakat Sipil Medan, Sumatera Utara Peduli Lapangan Merdeka melalui LBH, Humaniora terhadap Walikota Medan, akhirnya sampai dalam pembacaan putusan Rabu (14/7/2021). Putusan tersebut dibacakan Majelis Hakim yang diketuai Domingus Silaban, SH, MH.

"Tadi putusannya sudah dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim Domingus Silaban secara online," kata Humas I Pengadilan Negeri Medan, Tengku Oyong, SH, MH kepada wartawan.

Humas I PN Medan, Tengku Oyong juga menyebutkan bahwa dalam putusan yang dibacakan Ketua Majelis Hakim Domingus Silaban, yakni mengabulkan gugatan para penggugat untuk sebahagian.

Dalam putusan tersebut juga menyatakan tindakan tergugat telah melakukan perbuatan melawan hukum dan memerintah tergugat untuk menerbitkan penetapan lapangan merdeka sebagai cagar budaya melalui peraturan Walikota Medan yang menetapkan secara tegas Tanah Lapangan Merdeka Medan sebagai cagar budaya.

Selain itu, Tengku Oyong juga menjelaskan dalam putusan tersebut menolak gugatan para penggugat untuk yang selain dan yang selebihnya serta menghukum tergugat untuk membayar ongkos perkara yang diperhitungkan sebesar Rp1.610.000,-.

Sementara itu, Direktur LBH Humaniora, Dr. Redyanto Sidi SH MH dalam siaran persnya mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat baik secara perorangan/pribadi maupun lembaga/komunitas/kelompok, insan pers, akademisi dan pihak terkait yang telah mendukung upaya memerdekakan tanah lapangan merdeka Medan untuk ditetapkan sebagai Cagar Budaya.

"Ucapan yang sama juga kepada majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara A quo karena telah memeriksa dan mengadili perkara ini dengan teliti, adil dan bijaksana," ungkapnya.

Sementara itu sebelum persidangan tampak papan bunga mengelilingi pagar gedung PN Medan sebagai bentuk dukungan kepada majelis hakim dalam memutuskan perkara tersebut seadil-adilnya.(Sagala)

Share:
Komentar

Berita Terkini