TPL Berikan Bantuan Bibit Alpokat ke Petani di Sipahutar

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) memberikan bantuan bibit alpokat sebanyak 450 batang kepada  sejumlah masyarakat petani yang berada di Dusun Lobu Nauli, Desa Sabungan Nihuta 4, Kecamatan Sipahutar, Tapanuli Utara (Taput), Senin (19/07/2021).

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Sabungan Nihuta 4, Partomuan Simanjuntak, mengapresiasi kepedulian pihak TPL yang memberikan bantuan kepada masyarakat, khususnya para petani.

Dijelaskannya, bantuan bibit yang diserahkan oleh pihak TPL bukan hanya sekali ini saja mereka terima. Sebelumnya, masyarakat Dusun Napa sudah pernah menerima bibit kopi, kemenyan, aren serta bantuan pupuk. 

"Kami sangat berterimakasih kepada pihak TPL, disamping bantuan tersebut mampu membantu perekonomian masyarakat. Kami juga sudah mengusulkan agar TPL membantu masyarakat dalam pengelolaan tanaman tumpang sari di lahan seluas 20 hektar. Mudah-mudahan cepat terealisasi," harap Partomuan Simanjuntak.

Hal yang sama dikatakan ketua Gapoktan Dusun Napa yang membenarkan pihaknya sudah terlebih dahulu menerima bantuan dari pihak TPL berupa bibit kopi dan kemenyan.

Sementara Perwakilan TPL, Benriko Purba, mengatakan apabila bibit bantuan yang diserahkan saat ini mati, pihaknya akan mengganti kembali. Kecuali jika ada unsur kesengajaan, misalnya dipatahkan atau tidak dirawat.

"Kami akan tetap melakukan pemantauan, jadi tidak semata-mata diserahkan bantuan lalu tidak dilakukan monitoring," ujar Benriko Purba.

Terkait permintaan masyarakat mengenai tanaman tumpang sari, kata Benriko, pihak TPL sudah mengalokasikan anggarannya. Hanya saja saat ini ada sedikit kendala dan perlu dilakukan langkah-langkah pendekatan agar segera terealisasi.

Ia berharap komunikasi antara masyarakat dan TPL tetap terjalin dengan baik. Bantuan ini merupakan keputusan berdasarkan kelompok, pihaknya hanya memberikan bantuan agar bisa tumbuh dan bermanfaat bagi masyarakat. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini