Terpapar Positif Covid-19 Saat Test Swab Antigen, Warga Siantar Dipaksa Putar Balik

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH melalui Kasat Lantas AKP Herliandri SH didampingi Kasubbag Humas Iptu Donni Saleh kepada wartawan, Sabtu (17/7/2021) sore di Pos Penyekatan PPKM Mikro Ops Yustisi Polres Dairi  Jalan Sidikalang-Medan, Simpang Taman Wisata Iman (TWI) Kecamatan Sitinjo. 

Disebutkannya, dalam kegiatan tersebut, petugas melakukan pemeriksaan dan swab antigen secara acak terhadap delapan orang pengendara yang melintas.

Dari pemeriksaan yang dilakukan, ada satu kendaraan mobil pribadi asal Pematangsiantar berpenumpang empat orang di dalamnya. Saat ditanya surat-surat, seperti surat vaksin dan swab, mereka mengatakan tidak punya dan mengakui belum pernah di vaksin dan swab, serta surat jalan atau surat izin keluar masuk (SIKM) dari daerah asalnya juga tidak ada.

“Oleh petugas kesehatan yang bertugas di Pos Penyekatan PPKM Mikro Ops Yustisi Polres Dairi terhadap keempatnya dilakukan pemeriksaan swab antigen. Hasilnya dari empat orang tersebut, satu orang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19,” terang Herliandri.

Menurut Herliandri tindak lanjut yang dilakukan adalah melakukan pendataan dan menyampaikan kepada warga yang terkonfirmasi Covid-19, dan temannya untuk putar balik dan diarahkan kembali ke kampung halamannya.

“Kami juga menyampaikan kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Dairi serta Dinas kesehatan untuk berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Pematangsiantar terkait warganya yang terkonfirmasi Covid-19, agar dilakukan tindak lanjut tracing secara ketat, sehingga warga yang terkonfirmasi tidak berkeliaran atau bepergian keluar rumah guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19,"jelasnya.

Lebih lanjut Kasat Lantas menjelaskan, Pos Penyekatan yang dibuat dalam rangka melaksanakan pos penyeimbang dengan adanya kegiatan PPKM Darurat di kota Medan, juga menyambut perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah. 

Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Pos ini, antara lain melakukan kegiatan pemeriksaan terhadap masyarakat pengguna jalan dari arah Kabupaten Dairi menuju Kota Medan dengan melihat surat-surat kelengkapan, baik itu surat pelaksanaan swab, vaksin dan selanjutnya surat jalan dengan tujuan arah Kota Medan.

“Apabila ada yang sifatnya emergency/darurat ada pertimbangan skala prioritas. Kemudian sebaliknya juga masyarakat dari luar daerah yang memasuki Kabupaten Dairi, kami juga melakukan pemeriksaan secara acak. Apabila tidak lengkap surat-suratnya seperti swab dan belum  di vaksin kami melakukan swab antigen oleh Dinas kesehatan yang bertugas di Pos ini,” terang Herliandri.

Herliandri juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi mobilitas perjalanan, khususnya ke Kota Medan karena saat ini sedang dilakukan PPKM Darurat. Serta tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) 5M.

“Mari kita menjaga kesehatan dengan tidak berkerumun, jaga diri kita, keluarga, bangsa dan negara kita,” pungkasnya.(ds/Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini