SOL Berikan Bantuan Bibit Jahe dan Infrastruktur Warga di Pahae Julu dan Pahae Jae

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Manajemen Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP Sarulla), Sarulla Operation Limited (SOL), berlokasi di Kecamatan Pahae Julu dan Pahae Jae, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), memberikan berbagai bantuan kepada warga melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Hal itu dikatakan Humas SOL, Industan Sitompul, Jumat (16/07/2021) kepada wartawan, terkait pemberian bantuan tanaman jahe ke petani dan pembangunan jalan dan jembatan di dua kecamatan tersebut dalam kurun waktu satu setengah tahun terakhir.

Dijelaskannya, sebanyak 11 kelompok tani di Desa sekitar operasional PLTP Sarulla telah dibantu dan didampingi oleh SOL melalui program CSR dalam kegiatan pertanian jahe gajah. Lahan seluas lebih dari 14 Ha telah ditanami jahe oleh kelompok tersebut dengan total bibit jahe yang telah didistribusikan sebanyak 26.8 ton.

Pada Mei 2021, dari 11 kelompok tani telah menerima bantuan bibit jahe sebanyak 10.708 kg untuk ditanam dan dikembangkan di lahan seluas kurang lebih 6,4 Ha. Kelompok tani tersebut adalah 2 kelompok tani di Kecamatan Pahae Julu, yaitu Marsiurupan di Desa Sibaganding dan Dos Roha di Desa Janji Natogu, serta 2 kelompok tani di Kecamatan Pahae Jae, yaitu Saurdot di Desa Sigurung-gurung dan Anggiat Maradong Hita di Desa Pardamean Nainggolan.

Penyerahan bantuan itu dihadiri oleh Asisten II Setdakab Taput, Staf Ahli Perekonomian, Kabag Perekonomian, Dinas Pertanian dan Pemerintah Kecamatan.

"SOL berkomitmen membantu kelompok tani mulai persiapan lahan sampai panen. Kebutuhan yang diperlukan selain bibit juga dilengkapi, seperti dolomit, kompos, fungisida, serta pelatihan agar kegiatan pertanian jahe berjalan baik dan diharapkan dapat mendukung peningkatan pendapatan keluarga," ujar Industan Sitompul.

SOL juga bekerjasama dengan Dinas Pertanian Taput melalui PPL untuk mendampingi kelompok tani tersebut sampai masa panen agar bantuan yang diberikan dapat dilakukan dengan maksimal dan berkelanjutan.

Lanjutnya, selama tahun 2021, SOL membantu tiga kegiatan perbaikan infrastruktur di desa sekitar PLTP Sarulla. Pada April 2021, SOL membantu perbaikan irigasi Martindi yang rusak sesuai dengan permohonan yang disampaikan oleh Desa. Irigasi ini menjadi sangat penting, karena merupakan sumber air utama bagi lahan persawahan masyarakat di Desa Lumban Jaean dan Desa Sibaganding Kecamatan Pahae Julu. Irigasi ini digunakan oleh 150 KK masyarakat di 2 desa tersebut untuk mendukung pertanian padi sawah.

SOL memberikan sumbangsihnya melalui bantuan seluruh material bangunan perbaikan yang dibutuhkan. Untuk pengerjaannya dilakukan melalui kegiatan swadaya atau gotong-royong masyarakat.

Pada Juni 2021, perbaikan jembatan Aek Hapesong di Desa Sigurung-gurung Kecamatan Pahae Jae juga telah dibantu dengan melakukan upgrading dari jembatan kayu menjadi jembatan besi. Perbaikan ini sangat penting, karena akses utama bagi mayoritas warga, bukan hanya di Desa Sigurung-gurung, tetapi juga bagi warga Desa terdekat yaitu Desa Silangkitang.

Diperkirakan 80 persen warga Desa Sigurung-gurung menggunakan jembatan ini sebagai akses jalan menuju lahan persawahan dan ladang. Sekitar 30 persen warga Desa Silangkitang juga melewati jembatan ini untuk melakukan usaha pertanian yang menjadi mata pencaharian utama warga.

Pada bulan yang sama, perbaikan jalan ke Dusun Hutajulu Desa Simataniari, Kecamatan Pahae Julu, telah dilakukan oleh SOL dengan membangun jalan rabat beton sepanjang 120 meter. Di Dusun ini, SOL memberikan seluruh keperluan material pembangunan jalan. Untuk pengerjaannya dilakukan oleh masyarakat Dusun berpenduduk sekitar 34 KK tersebut secara gotong-royong.

Sementara Perwakilan Manajemen SOL, Manager CSR & ER, Melva Samosir, mengatakan melalui bantuan dan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh SOL di tengah-tengah masyarakat, terutama di Desa sekitar operasional, semakin memberikan dampak positif dan menjadi sumber berkat bagi masyarakat serta mendukung pembangunan di Taput. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini