Penerimaan Murid Baru SMA Negeri 1 Rantau Selatan Diduga Tidak Sesuai Juknis

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Penerimaan siswa/i baru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) diduga tidak sesuai juknis sebagaimana dipaparkan oleh Yahya selaku kepala sekolah di SMA N tersebut. 

Dalam keterangannya beberapa waktu lalu, Yahya menjelaskan bahwa penerimaan siswa baru lebih mengutamakan yang dekat yakni Zonasi 50%, Afirmasi 20%, Prestasi akademik 20%, Perpindahan orang tua 5% dan Prestasi non akademik 5%.

Namun, sangat disayangkan diantara calon siswa yang mendaftar bersamaan dengan alamat rumah yang sama yakni, di Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu malah satu diantaranya tidak lulus dan perlu diketahui bahwa SMA Negeri 1 Rantau Selatan berada di Kelurahan Bakaran Batu.

Terkait hal tersebut diatas, saat dikonfirmasi kembali Kepala SMA N 1 Rantau Selatan, Rabu (14/7/2021) diruang kerjanya malah mengatakan bahwa calon siswa yang alamatnya sama tersebut mang aplode datanya berbeda.

"Satu siswa meng aplode datanya digang mitra Jalan SM Raja, satu lagi di daerah kantor bupati, makanya satu tidak lulus,"sebut Yahya diruang kerjanya.

Ketika disinggung, mengapa siswa yang meng aplode data Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA itu telah berhasil, oleh panitia penerimaan siswa baru disokolah itu malah berdalih karena tidak memberikan Kartu Keluarga (KK).

"Saat kita minta Poto kopi Kartu kekuarga siswa itu untuk dicocokan, Poto kopi Kartu keluarga yang kita minta tidak ada diberikan kepada kita," jawab panitia sekolah itu dengan nada tinggi pada wartawan diruang kepala sekolah.

Jumadi, S.pd, MM terkait hal tersebut lewat telpon mengatakan, "Kalau anak itu mau sekolah disekolah itu lagi biar ku telpon kepala sekolahnya. Tapi, dengan catatan sudah melakukan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah itu mumpung masi dibutuhkan 6 orang,"sebut Jumadi Kepala Cabang Dinas Pendidikan lewat telpon, Rabu (14/7/2021). (ds/Zulharahap)

Share:
Komentar

Berita Terkini