Master FIDE Maksum Firdaus gagal mulus di Turnamen catur Jafaruddin Harahap

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Marihot Simanjuntak yang menyandang gelar Master Nasional (MN) berhasil menaklukkan Master FIDE Maksum Firdaus dari Sumatera Selatan pada turnamen catur Jafaruddin Harahap Cup III yang digelar di Hotel Inna In Medan, Sabtu (3/7/2021). 

Master FIDE Maksum Firdaus yang membela Sumsel takluk dari Marihot Simanjuntak pada babak sembilan. 

Sebenarnya Maksum Firdaus sangat berpeluang merebut juara karena di babak sembilan dia sudah membukukan 7,5 poin. Sementara lawannya membukukan 7 poin. Tapi di babak penentuan itu Maksum kalah. 

Dia sempat menawarkan bermain remis, namun Marihot yang unggul dalam permainan menolak dan memenangkan pertandingan.

Marihot yang menyandang gelat master nasional (MN) bangga bisa menumbangkan master FIDE. 

"Ini sangat menyenangkan, saya juara setelah menumbangkan pecatur kawakan," kata Marihot (Sumut) usai turnamen.

Kejutan juga terjadi saat master FIDE lain nya. MF Fitra Andika yang membela Jatim  mengakui keunggulan pecatur Jabar Ranto Kabzel Lubis. Kekalahan itu membuat Fitra Andika terlempar ke posisi 12 dengan 6,5 poin. Sedangkan Ranto menduduki posisi ke empat dengan nilai 7,5.

Ada tiga pecatur yang mencatatkan nilai 7,5. Satu pecatur lainnya Gelar Sagara BKD asal Kalteng yang berada di urutan 3.

Turnamen ini berlangsung Jumat dan Sabtu (2-3/7) dengan menggunakan sistem  swiss 9 babak. Turnamen melibatkan ratusan pecatur dari berbagai daerah seperti Sumut,Jabar, Aceh,Jambi,Sulbar dan Kalteng. Turnamen menyediakan total hadiah Rp 15 juta menetapkan 30 pemenang.

"Turnamen ini jadi agenda rutin saya dalam meningkatkan kualitas pecatur Sumut," kata Jafaruddin Harahap selaku pemilik event yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Sumut dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Jafaruddin yang saat ini Ketua PPP Sumut itu menggelar even untuk yang ketiga kali. Kegiatan sebelumnya saya langsungkan di warung kopi, tapi saat ini kedepan digelar di hotel.  

"Sengaja kita gelar di hotel asebagai menambah motivasi pecatur meningkatkan prestasinya. Even berikutnya kita buat lebih menantang agar pecatur lebih tertantang mengejar prestasi," tambahnya.

Dia menegaskan, permainan catur ini merupakan program unggulannya untuk meningkatkan prestasi para pecatur. "Sejak saya dilantik sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, turnamen catur ini merupakan program unggulan saya, dimana akan selalu saya usahakan untuk melakukan turnamen dana peningkatan prestasi di masyarakat," paparnya.

Adapun peringkat akhir even adalah,

1. MN Marihot Simanjuntak. (Sumut) nilai 8 poon.

2. MF Maksum Firdaus (Sumsel) 7,5 poin

3. MN Gelar Sagara BKD (Kalteng) 7,5.

4. MN Ranto Kabzel Lubis (Jabar) 7,5

5. Erjan Akbar Nst (Sumut) 7.

6. MN Sarmadoli Siringo ringo (Aceh) 7

7. Arif RahmanSaragih (Jambi) 7

8. Ridwan Batubara ( Sumut) 7

9. MN Mhd Johan Goliong   (Sumut) 7

10. Saiful Bahri ( Aceh) 7

11. Dedi Arafi (Riau) nilai 6,5

12. MF Fitra Andika (Jatim) 6,5

13. Darmawan Tarigan( Sumut) 6,5

14. Paula Rosi (Sumut) 6,5

15. Rimbun Sidabalok ( Sumut) 6,5

16. Erwin Sebayang (Sumut) 6,5

17. Tira Sidauruk (Sumut)  nilai 6

18. Marzuki Tarigan ( Aceh) 6

19. Marie Muhammad(Aceh) 6

20. Mhd Alfisahri (Sumut) 6

Share:
Komentar

Berita Terkini