Koramil 04/TL, Kodim 0206/Dairi Produktif Memasarkan Hasil Tanam Pepaya California

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Babinsa Koramil 04/Tigalingga Sertu JP. Berutu produktif memasarkan secara langsung hasil tanaman pepaya jenis California (Calina) kepusat pasar lokal Sidikalang.

Pepaya California tersebut adalah hasil tanaman yang dia tanam  diatas lahan milik sendiri seluas 10 rante di Desa Lau Sireme Kec.Tigalingga kab. Dairi.

Dalam keseharian disamping melaksanakan tugas pokok sebagai Bintara pembina desa (Babinsa) di Desa Lau Sireme, Sertu JP Berutu meluangkan waktu utk menanam serta merawat pepaya hingga memperoleh hasil panen yang memuaskan.

Di sela sela pandemi covid-19 yg saat ini melanda, Sertu JP Berutu berinisiatif untuk bercocok tanam dan memilih membudidayakan pepaya karena disamping usia produktifnya (menghasilkan buah) cukup panjang tanaman pepaya tersebut sangat gampang dan mudah perawatan nya. Begitu juga dengan harga yg cukup memuaskan yaitu antara Rp 2500 sd Rp 4500/kg. 

Dengan begitu, keberadaan Babinsa Sertu JP Berutu di tengah-tengah masyarakat dapat menjadi contoh dan memberikan dorongan semangat utk bertani dan mendapatkan hasil yg bisa menopang kehidupan ekonomi masyarakat.

Sertu JP. Berutu menjelaskan bahwa, tanaman pepaya tersebut sdh bisa menghasilkan (Panen) di usia 8 bulan pasca tanam, dan masa panen setiap minggu (1 X dalam seminggu) dengan  berkesinambungan dalam kurun waktu 4 hingga 5 tahun masa produktifnya, disamping itu tanaman pepaya juga tidak terganggu apabila tumpang sari (menanam tanaman lain disela atau diantara gang pepaya tersebut) serpti cabai, kacang tanah, kacang hijau, bgitu juga dengan tanaman jagung.

Dengan hadirnya Babinsa di tenggah-tengah masyarakat dalam mengolah hasil pertanian tanaman pepaya sekaligus menjadikan lahan tersebut sbg Demplot (percontohan) agar masyarakat, bisa meniru dan mendapat hasil tambahan dri pertanian yg selama ini digeluti oleh mereka.

Sertu JP. Berutu juga siap  membimbing dan membantu masyarakat untuk bisa bercocok tanam terutama tanaman pepaya, dan siap utk memasarkan hasilnya dipasar lokal bahkan keluar dari daerah kab. Dairi, sehingga masyarakat desa binaannya tidak perlu ragau dan bimbang untuk mecari penampung hasil budidaya pepaya tersebut. (ds/Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini