Hindari Bahaya Covid-19, Bang Bayek Ingatkan Warga untuk Divaksin

Dibaca:
Editor: dicky irawan author photo

dailysatu.com- Anggota DPRD Kota Medan, Mulia Asri Rambe atau yang akrab disapa Bang Bayek kembali mengingatkan warga di Medan Utara tentang bahaya Covid-19 saat menggelar Sosialisasi Perda (Sosper) Nomor 4  Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, Sabtu (10/7/2021).

Untuk menghindari bahaya Covid-19 itu, Bang Bayek pun mengajak warga di Daerah Pemilihan (Dapil) II Kota Medan agar mau divaksin. 

"Memang, walau sudah divaksin bukan berarti kita gak kena Covid lagi. Tapi, setidaknya setelah divaksin imun tubuh kita menjadi lebih kuat," jelas Bang Bayek. 

Bang Bayek menambahkan pemerintah tidak bisa sendiri mengatasi Covid-19. Tapi masyarakat harus bersama-sama peduli mengatasi pandemi Covid-19. Terlebih lagi, saat ini varian terbaru Covid-19 dari India sudah masuk ke Indonesia.

"Nama virusnya Delta bu. Ini virusnya gak nampak. Gejalanya pun gak nampak tapi tiba-tiba orangnya bisa lewat," paparnya.

Atas dasar itulah, Bang Bayek sangat mengharapkan agar para warga menyegerakan diri untuk divaksin. Apalagi, saat ini pemerintah telah memperbolehkan anak-anak mulai usia 12 tahun divaksin.

Selain vaksin, Bang Bayek juga mengingatkan kepada warga untuk mematuhi PPKM Darurat yang akan diterapkan di Kota Medan mulai 12 hingga 20 Juli 2021 mendatang.

"Ada beberapa butir tambahan di PPKM Darurat ini. Seperti harus membawa hand sanitizer kemana-mana atau saat belanja dan belanjalah yang dibutuhkan," paparnya.

Selain itu, dalam PPKM Darurat ini juga dibatasi jam kegiatan di kafe, restoran dan di tempat umum lainnya.

"Seperti di tempat usaha kita. Sudah kita terapkan hanya sampai pukul 17.00 WIB saja dan untuk pesanan take away atau dibawa pulang hanya sampai pukul 20.00 WIB," paparnya.

Yang tak kalah pentingnya, Bang Bayek juga mengingatkan warga agar tidak lupa berolahraga dan tetap menggunakan masker serta tetap menjaga jarak. 

Sementara itu, Juliati mewakili UPT Puskesmas Medan Deli mengungkapkan antusias warga di Kecamatan Medan Deli sangat besar untuk divaksin. Namun demikian, pihaknya tetap mengimbau kepada warga yang belum divaksin untuk segera datang ke Puskesmas terdekat dan lokasi layanan vaksin lainnya. 

"Jangan takut divaksin bu. Intinya, sebelum divaksin, kita harus bersikap jujur dengan dokter yang akan membaksin kita terkait penyakit apa saja yang kita idap selama ini. Karena, bila tidak jujur, maka itu akan merugikan diri kita sendiri," paparnya. (DS/ Dik)


Share:
Komentar

Berita Terkini