Dua Bulan Terakhir, 19 Warga Gunungsitoli Meninggal Dunia Karena Covid-19

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Sejak Juni hingga Juli 2021, setidaknya ada 19 orang warga Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, meninggal dunia karena Covid-19.

Meski sempat mendapat perawatan intensif di RSUD dr. M.Thomsen Nias, ke 19 orang warga itu menghembuskan nafas terakhirnya dan dimakamkan secara protokol kesehatan.

Dari informasi dihimpun, jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan awal Maret 2020 sampai akhir Mei 2021. Dimana terhitung, hanya 18 orang warga dinyatakan meninggal dunia.

Hal itupun dibenarkan Sekretaris Dinas Sosial Kota Gunungsitoli, David Mathias Hulu S.Sos, M.Si. Menurutnya, sejak Juni hingga Juli pihaknya telah memakamkan 19 jenazah warga yang terpapar.

"Berdasarkan catatan kami, ini angka kematian terbesar di Kota Gunungsitoli dibanding dengan tahun lalu", kata David kepada wartawan Jumat (30/7/2021).

David menerangkan, bahwa jenazah yang dimakamkan secara protokoler kesehatan itu didominasi warga berusia lanjut.

"Kami berharap, masyarakat dapat lebih mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitasnya. Saya harus mengakui, kondisi saat ini sangat mengkhawatirkan", ujar David.

David berharap, ada sukarelawan atau instansi terkait yang bisa membantu pihaknya melaksanakan pemakaman terhadap jenazah Covid-19.

"Tim berjumlah delapan orang, sementara belakangan ini dalam sehari ada satu sampai tiga jenazah yang harus dimakamkan. Kami lelah, kami berharap bantuan", tandas David. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini