Cabdis Pendidikan Gunung Tua Adakan Sosialisasi ANBK

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com- Cabang Dinas Pendidikan Gunung Tua adakan sosialisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (AMBK) dan pembagian Domain Name System (DNS) di SMA Negeri 1 Padang Bolak Kab Paluta, Senin (26/07/2021).

Dalam sosialisasi tersebut, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Gunung Tua Maradoli Hasibuan menjelaskan bahwa, ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. 

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar, yaitu literasi, numerasi, dan karakter, serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Asesmen Nasional (AN) adalah tes pengganti Ujian Nasional (UN). Jadi, pada 2021 tak ada lagi Ujian Nasional dan diganti Asesmen Nasional.

Maradoli juga mengatakan bahwa, Asesmen Nasional tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia sesuai instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Perubahan mendasar pada asesmen nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Selain itu, sebut Doli lagi Asesmen Nasional dirancang tidak hanya sebagai pengganti Ujian Nasional dan ujian sekolah berstandar nasional, namun sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan.(Malik) 

Share:
Komentar

Berita Terkini