Sosper Nomor 6 2015, Hendra DS Dorong Pihak Kecamatan Bangun Bank Sampah

Dibaca:
Editor: dicky irawan author photo
Hendra DS menggelar Sosper Nomor 6 Tahun 2015 di Medan Area, Sabtu (12/6/2021). (Foto: dailysatu.com)

dailysatu.com- Anggota DPRD Kota Medan dari Dapil IV, Hendra DS mendorong pihak kecamatan mendirikan bank sampah. Bank sampah itu tidak hanya bisa menjadikan lingkungan bersih, tapi juga bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Hal itu diungkapkan oleh Hendra DS saat mensosialisasikan Perda Kota Medan Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Jalan Sutrisno, Gang Rukun, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, Sabtu (12/6/2021).

"Saya mendorong setiap kecamatan itu membangun bank sampah. Sudah pernah dengar?," papar Hendra DS.

Pembangunan bank sampah tersebut bukan tanpa alasan. Karena, menurut Hendra DS masalah sampah merupakan masalah yang tak ada habisnya. Bila sampah itu tak diberdayakan, maka masalah sampah tersebut akan menjadi masalah besar.

Terlebih lagi, kesadaran masyarakat masih sangat minim untuk tidak membuang sampah sembarangan. 

"Makanya, bank sampah ini harus dibangun. Nantinya, dari tiap kecamatan itu bisa dikoordinir oleh Kepala Lingkungan atau Kepling masing-masing," jelasnya.

Hendra DS menjelaskan bank sampah prinsipnya sama seperti bank. Yang membedakan adalah, bank sampah hanya menyetorkan sampah, bukan uang. Tapi, sampah yang disetorkan itu bisa dijadikan uang.

"Jadi, setiap kali menyetorkan sampah, buku tabungan bank sampahnya dibawa. Agar, nantinya masyarakat yang menyetorkan sampahnya bisa dicatat berapa banyak sampah disetor dan berapa banyak jumlah uangnya," jelasnya.

Jenis sampah yang bisa disetor adalah sampah unorganik, seperti sampah plastik, sampah kaleng, besi dan lainnya.

"Bank sampah ini pun dicover oleh Perda Pengelolaan Persampahan ini. Masalah bank sampah ini, ada di pasal 13 Perda Nomor 6 Tahun 2015 ini," pungkasnya.

Sementara itu, Camat Medan Area, Hendra Asmilan meminta masyarakat ikut menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing. 

"Sebab, masalah ini harus dituntaskan bersama-sama agar kita bisa hidup lebih sehat," paparnya. (DS/ Dik)



Share:
Komentar

Berita Terkini