Primkop Upaya Karya TKBM Pelabuhan Belawan Adakan Sosialisasi Tolak Pungli

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Primer Koperasi Upaya Karya Tenaga Kerja Bongkar Muat (Primkop UK TKBM) Pelabuhan Belawan gelar sosialisasi tolak pungutan liar (Pungli) sekaligus penandatanganan fakta integritas, seluruh TKBM Pelabuhan Belawan sepakat menolak pungli. 

Kegiatan sosialisasi penolakan pungli di Pelabuhan Belawan itu berlangsung di basecamp TKBM Pelabuhan Belawan Jalan Tangguk Griya Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, Selasa (29/06/2021) pukul 08.30 Wib.

Turut hadir dalam sosialisasi  tersebut Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Firmansyah, Dinas Koperasi Kota Medan Darwin Peranginangin, Dinas Ketenagakerjaan kota Medan, Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Sumut Indra Barkah Nasution dan Andika Putra, Ketua Primkop Upaya Karya TKBM Pelabuhan Belawan Sabam Parulian Manalu dan anggota, kepala sektor 1, 2, 3, dan 4 serta ratusan buruh.

Peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi penolakan pungli di Pelabuhan Belawan tersebut, mendukung perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagaimana yang tertuang dalam surat telegram yang ditandatangani Kabareskrim Komjen Agus Andrianto, nomor : ST/1251/VI/HUK.7.1/2021 tanggal 15 Juni 2021.

Ketua Primkop Upaya Karya TKBM Pelabuhan Belawan Sabam Parulian Manalu mengatakan, kegiatan sosialisasi tolak pungli untuk mendukung program kerja Kapolri.

Lanjut Sabam, selain sosialisasi buruh TKBM Pelabuhan Belawan juga menandatangani 9 point pernyataan yang diantaranya mematuhi segala ketentuan- ketentuan yang diberikan Perusahaan Bongkar Muat (PBM). 

Melaksanakan kegiatan bongkar muat dari dan ke kapal dengan waktu yang telah ditentukan sesuai dengan kesepakatan yang berlaku.

Pada saat kegiatan bongkar muat dari dan ke kapal tidak meninggalkan pekerjaan dan lokasi kerja.

Tidak menggunakan gancu atau alat sejenisnya dalam mengerjakan pekerjaan bongkar muat barang jenis inbags. 

Menggunakan pakaian dinas kerja TKBM serta menunjukkan identitas (KTA) TKBM pada saat memasuki lokasi kerja dan melakukan kegiatan bongkar muat dari dan ke kapal.

Siap menerima sanksi dari PBM atas kesalahan yang dilakukan dalam mengerjakan pekerjaan bongkar muat. 

Bersedia mengganti kerugian akibat kerusakan barang atas pekerjaan bongkar muat yang dikerjakan pekerjaan bongkar muat (Akibat kesalahan kerja-red).

Dalam kesempatan itu juga, Sabam Parulian Manalu tekankan kembali tentang peningkatan kedisiplinan waktu dan kerja bagi seluruh anggota TKBM Pelabuhan Belawan. "Disiplin waktu dan disiplin kerja itu sangat penting, yang sudah baik kita buat lebih baik lagi, mari kita tingkatkan kedisiplinan waktu demi tercapainya tujuan kita bersama, kita sepakat tolak pungli di Pelabuhan Belawan", kata Sabam Parulian Manalu.(Ril)

Share:
Komentar

Berita Terkini