Oknum Polisi Larang Wartawan Meliput Vaksinasi di SMA Negeri 1 Gunungsitoli

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Oknum pengamanan vaksinasi Covid-19 yang berasal dari Polres Nias, Sumatera Utara, melarang wartawan saat melakukan peliputan, Jumat (25/6/2021).

Insiden itu berawal, ketika wartawan dailysatu.com mengabadikan foto salah seorang lansia peserta vaksinasi di SMA Negeri 1 Gunungsitoli untuk dijadikan bahan publikasi.

"Jangan foto-foto bang, kalau bukan peserta vaksinasi tidak boleh masuk ke dalam", bentak oknum pengaman bernama Briptu B. Telaumbanua.

Mendengar teguran Briptu B. Telaumbanua, wartawan mencoba menanyakan alasan pelarangan peliputan tersebut.

"Pokoknya tidak bisa masuk kalau bukan peserta vaksinasi", kata Briptu Telaumbanua tanpa bisa memberikan penjelasan detail alasan pelarangan.

Jelas tindakan pelarangan peliputan terhadap wartawan yang dipertontonkan Briptu B. Telaumbanua mengangkangi UU Pers 40 Tahun 1999.

Kadis Kesehatan Kota Gunungsitoli, Wilser Napitupulu, mengatakan tidak ada pelarangan peliputan vaksinasi massal yang digelar Pemerintah Kota Gunungsitoli.

"Wartawan tidak dilarang meliput, silahkan saja bang", ujar Wilser.

Sementara itu, dikonfirmasi melalui via WhatsApp, Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan, belum ada menjawab terkait pelarangan peliputan yang dilakukan Briptu B. Telaumbanua. (ds/Ris)
Share:
Komentar

Berita Terkini