Peringati Hari Yoga Internasional, Konjen India di Medan Gelar Latihan Bersama

Dibaca:
Editor: dicky irawan author photo

 


Dailysatu.com- Konsulat Jenderal (Konjen) India di Medan menyelenggarakan Hari Yoga Internasional ke-7 secara terbatas, Sabtu (26/6/2021) di Kantor Konsulat India di Medan.

Perayaan tahun ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol terkait pandemi. 

Tema perayaan tahun ini adalah Yoga Dengan Kebugaran. Dalam mode hybrid, perayaan Yoga tersebut dihadiri 30 peserta secara langsung dan lebih dari 100 peserta secara virtual karena acara tersebut juga ditayangkan langsung di Facebook dan melalui Zoom.

Perayaan yoga dipimpin oleh Mariana, Direktur Kamalini Studios di Medan, bersama dengan 4 pelatih yoganya. Pertunjukan yoga berlangsung selama 35 menit. 

Peserta terdiri dari perwakilan inti diplomatik, akademisi, mahasiswa, awak media dan masyarakat umum.

Sebelum memulai yoga, Konsul Jenderal India, Raghu Gururaj mengatakan sebagai tanah yoga, tidak heran bila India memimpin upaya global untuk mempopulerkan daya tarik universal dan menunjukkan manfaat kesehatannya. 

Ketika Perdana Menteri India memperkenalkan rancangan resolusi untuk menetapkan Hari Yoga Internasional pada tahun 2014 pada sesi ke-69 Majelis Umum, ia menyatakan bahwa yoga adalah hadiah tak ternilai dari tradisi kuno kita. 

"Yoga mewujudkan kesatuan pikiran dan tubuh, pikiran dan tindakan. Pendekatan holistik yang berharga bagi kesehatan dan kesejahteraan kita. Yoga bukan hanya tentang olahraga; ini adalah cara untuk menemukan rasa kesatuan dengan diri sendiri, dunia dan alam," paparnya.

Resolusi tersebut lolos melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan mudah dengan dukungan rekor 177 negara anggota, termasuk Indonesia. 

Hasilnya PBB dengan suara bulat mengadopsi Resolusi Nomor 69/13 pada 11 Desember 2014 untuk menyatakan 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional.

Raghu Gururaj menambahkan bahwa hari ini berfungsi sebagai pengingat bagi orang-orang di dunia untuk membuat pilihan hidup yang lebih sehat dengan mengikuti yoga untuk menumbuhkan kesehatan yang baik dan juga semangat harmoni. 

Pelaksanaan Peringatan hari Yoga internasional telah menciptakan peluang bagi orang-orang di seluruh dunia. Tidak hanya untuk menyoroti manfaat kesehatan nyata yang dibawa yoga dan kesejahteraan yang dihasilkannya. Selain itu, juga menyebarkan niat baik dan semangat persaudaraan.

Hari Yoga Internasional pertama kali diresmikan pada 21 Juni 2015 oleh Perdana Menteri India. Acara ini tidak hanya menciptakan dua Rekor Dunia Guinness untuk jumlah orang yang berlatih yoga sekaligus terbanyak (35.985), tetapi juga untuk jumlah warga negara terbanyak (84) yang berpartisipasi di seluruh dunia. 

Acara ini diakui dan dirayakan di 170 negara termasuk Amerika Serikat, Indonesia, Australia, Kanada dan negara-negara ASEAN lainnya.

Sejak itu, hari ini diperingati di seluruh dunia oleh sekelompok orang yang semakin meningkat yang telah memperoleh karakter gerakan massa.

Menyadari manfaat kesehatan yang jelas dari yoga, Organisasi Kesehatan Dunia membuat seruan yang jelas kepada semua negara anggota untuk mendorong warganya mengikuti yoga dalam kehidupan sehari-hari.

Resolusi PBB tentang Hari Yoga Internasional menyerukan kepada semua negara, organisasi internasional dan regional, serta masyarakat sipil dan individu, untuk merayakan Hari Yoga Internasional untuk meningkatkan kesadaran akan manfaat berlatih yoga. 

Mengingat yoga memberikan pendekatan holistik terhadap kesehatan dan kesejahteraan, maka kegiatan Hari Yoga Internasional dirancang sedemikian rupa sehingga minat para peserta untuk menekuni yoga tidak hanya berakhir di Hari Yoga Internasional, tetapi berlanjut bahkan lebih.

“Yoga tidak sepenuhnya asing bagi orang Indonesia. Itu telah diserap dalam beberapa bentuk atau lainnya dari zaman kuno ketika agama Hindu diperkenalkan di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa warga negara Indonesia telah memanfaatkan beasiswa Yoga Pemerintah India untuk belajar yoga di India dan juga secara swadana. Namun munculnya Hari Yoga Internasional telah melihat pertumbuhan yang spektakuler di sekolah dan studio yoga di Indonesia, yang semuanya telah memainkan peran penting dalam perayaan Hari Yoga Internasional yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar India di Jakarta atau oleh konsulatnya di Bali dan Medan," pungkasnya.

Di Kota Medan, banyak sekolah seperti Studio Kamalini yang menjalankan program harian yoga yang sangat sukses sebagai usaha bisnis. Yoga secara umum sedang menyaksikan popularitas yang stabil di Indonesia. (DS/ Dik)


Share:
Komentar

Berita Terkini