Pemdes di Gunungsitoli Diminta Percepat Penetapan APBDes

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Walikota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Ir. Lakhomizaro Zebua, menghadiri rapat koordinasi (Rakor) Percepatan Pengelolaan Keuangan Desa Tahun Anggaran 2021, Rabu (16/6/2021).

Rakor yang turut dihadiri Sekda Kota Gunungsitoli, Ir. Agustinus Zega, itu berlangsung di ruang rapat lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kecamatan Gunungsitoli.

Kepada wartawan, Walikota mengatakan bahwa rakor bertujuan untuk mempercepat penetapan Ranperdes, RKPDes, APBDes, dan mengevaluasi pengelolaan keuangan desa.

"Kemudian, rakor juga membahas terkait pencanangan desa cinta statistik yang merupakan program quickwins badan pusat statistik", ujar Walikota.

Walikota berharap, rakor menghasilkan penguatan statistik ditingkat desa secara berkesinambungan demi memenuhi monografi, penyajian data, dan infografis di media sosial maupun website desa.

"Saya tegaskan, agar Pemerintah Desa (Pemdes) mempercepat penetapan APBDes Tahun Anggaran 2021. Karena hingga Juni, penetapan APBDes minim. Begitupun dengan Pemdes yang sudah menetapkan, saya minta segera menyalurkan BLT-DD kepada keluarga penerima manfaat", kata Walikota.

Walikota menjelaskan, saat ini 8% dari setiap pagu APBDes di Kota Gunungsitoli dialihkan untuk pembiayaan percepatan dan penanganan Covid-19.

“Saya mengapresiasi Pemdes Mazingo Tabaloho, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, yang dengan cepat dan tepat waktu menetapkan APBDes Tahun Anggaran 2021". (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini