Curi Ikan di Indonesia, Tiga Kapal Ikan Asing Ditenggelamkan di Laut Belawan

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Kejaksaan Negeri Belawan memusnahkan tiga unit kapal ikan asing berbendera Malaysia, yang mencuri ikan di perairan Indonesia pada Bulan Januari dan Febuari lalu.

Ketiga kapal dimusnahkan dengan cara ditenggelamkan dengan melubangi kapal dan pemberat batu ditengah laut Belawan, Sumatera Utara, Rabu (2/5/2021).

Ketiga kapal ikan asing  berbendera Malaysia ini masing-masing KM SLFA 5165, KM KHF 2559 dan KM SLFA 5170 dengan alat tangkap jenis pukat trawl yang dilarang di Indonesia.

Kapal - kapal asing yang Dimusnahkan kali ini adalah hasil tangkapan KKp stasiun PSDKP Pontianak dan Belawan, para pelaku mencuri ikan di zona eksklusif ekonomi Indonesia atau ZEE Kawasan Selat Malaka.

Sedangkan pemusnahan kapal ikan ini telah inkra dan berkekuatan hukum tetap, sehingga diputuskan untuk dimusnahkan.

Kepala Kejaksaan Negeri Belawan  Nusirwan mengatakan dari ketiga kapal tersebut  petugas telah menetapkan 3 orang nahkoda kapal sebagai tersangka, dua diantaranya merupakan warga negara Indonesia dan satu lainnya warga Myanmar.

Lanjut Nusirwan, sedangkan untuk 13 telah diproses hukum yang berlaku. Untuk pemusnahan kapal ini sudah yang kedua selama tahun 2021 dengan jumlah 9 kapal.

Nusirwan menyampaikan, pemusnahan barang bukti kapal ikan asing ini merupakan bukti ketegasan pemerintah Indonesia dalam pemberantas ilegal fishing  yang merugikan nelayan kecil. Serta memberikan efek jera kepada pencuri ikan agar tidak melakukan ilegal fishing dikawasan perairan Indonesia.(Heri)

Share:
Komentar

Berita Terkini