Warga Nagori Marjandi Adakan Haroan Bolon Bangun Tembok Penahan Jalan

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Untuk menghindari terputusnya jalan menuju Koperasi Unit Desa (KUD) Nagori Marjadi Kecamatan Panombeian Panei, masyarakat nagori Marjandi melaksanakan gotong royong (haroan bolon), Minggu (30/05/2021).

Pelaksanaan kegiatan Haroan Bolon tersebut,langsung di koordinir oleh Camat Panombeian Panei Ir Gantinius Bangum MSi dan Pangulu Marjandi. Sedangkan peserta gotong royong terdiri dari perangkat kecamatan,  perangkat nagori,  masyarakat,  tim marharoan bolon nagori Marjandi, tokoh agama/masyarakat, dan Pemuda Pancasila. 

Dalam kegiatan tersebut tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah, dalam melaksanakan haroan bolon. 

"Masyarakat Nagori Marjadi melaksanakan gotong royong membangun tembok penahan jalan menuju KUD, karena dikhawatirkan jalan tersebut akan putus tergerus air yang mengalir dibawa, apalagi saat hujan datang, tentunya volume air pasti meningkat,"kata Camat Panombeian Panei. 

Adapun materian bangunan seperti batu,  pasir dan semen,  Gantinius mengatakan,  hasil swadaya masyarakat yang berpatisipasi dalam mengadaan material bangunan. "Material bangunan berasal dari swadaya masyarakat. Dan selain membangun tembok penahan,  kami juga membersihkan beram jalan provinsi yang diwilayah kecamatan Panombeian Panei,"jelas Camat. 

Selanjutnya dikatakan, Gerakan Haroan Bolon membangun Simalungun yang diinisiasi oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH, di kecamatan Panonbeian Panei akan terus digerakkan dalam rangka menumbuhkan persatuan,  sifat kegotong royongan di tengah-tengah masyarakat terutama dalam mengatasi kerusan jalan. 

Sementara itu,  Kadis Komunikasi dan Informatika (Komimfo) Wasin Sinaga SPd MH mengatakan bahwa masyarakat juga dihimbau dalam melaksanakan haroan bolon tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) untuk menghindari terjadinya klaster baru penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). 

"Ini sesuai dengan himbauan Bupati, agar dalam menjalankan aktifitas sehari-hari termasuk melaksanakan kegiatan haroan bolon tetap menjalankan prokes untuk menghidari terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19,"kata Wasin.( ES)

Share:
Komentar

Berita Terkini