Toyota Raize Pakai Teknologi Semi Auto Pilot

Dibaca:
Editor: dicky irawan author photo



Dailysatu.com- Sebagai pendatang baru, Toyota Raize diyakini mampu menyaingi produk kompetitor karena sudah dilengkapi dengan fitur yang sangat menarik, yakni Toyota Safety Sense (TSS).

General Manager Auto2000 wilayah Sumatera, Royen Bonggal mengatakan dengan adanya TSS pada Toyota Raize 1.0T GR Sport akan memberikan dukungan penuh pada pengemudi untuk mengawasi kondisi sekitar dari potensi bahaya dan sigap memberikan peringatan dini.

"TSS ini memiliki 5 keunggulan dan ini merupakan teknologi baru di Indonesia untuk melindungi pengendara dan penumpang dari kecelakaan," jelas Royen Bonggal saat launching Toyota Raize di Plaza Medan Fair, Senin (25/5/2021).

5 keunggulan TSS yakni sebagai pre Collision System yang mengandalkan sensor radar dan kamera untuk mendeteksi keberadaan obyek di depan mobil. Jika sistem melihat adanya kemungkinan tabrakan, PCS akan memperingatkan pengemudi. Sehingga dapat melakukan manuver menghindar.

Bahkan, di saat genting, andai tabrakan tidak mungkin dielakkan, sistem akan melakukan pengereman secara otomatis untuk menghindari kecelakaan.

Fungsi TSS lainnya adalah sebagai Adaptive Cruise Control yang berfungsi memantau keberadaan kenderaan lain di depan dan menjaga jarak aman dengannya. Fitur ini merupakan pengembangan dari fitur cruise control.

Sedangkan fungsi TSS lainnya adalah Lane Departure Alert with Steering Control yang berfungsi dapat membaca marka jalan, baik yang berwarna putih maupun kuning. Selanjutnya dapat memberikan peringatan jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil yang menjauh dari posisi seharusnya.

Di titik kritis, seperti bila pengemudi mengalami microsleep dan mobil menjauh dari jalur, LDA akan mengkoreksi posisi kemudi ke posisi normal.

Selain itu, fungsi TSS lainnya adalah sebagai Rear Cross Traffic Allert and Blind Spot Monitor yang berfungsi untuk mendeteksi kenderaan atau obyek lain yang mendekat menggunakan sensor radar, untuk selanjutnya memperingatkan pengemudi dengan suara dan konfirmasi visual.

Fitur ini bekerja sebagai "mata" tambahan bagi pengemudi di area blind spot atau tidak terlihat untuk menghindari kecelakaan.

Yang tak kalah pentingnya, TSS juga berfungsi sebagai Pedal Missoperation Control yang memungkinkan pengaturan fungsi untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan penerapan pedal akselerator atau pedal gas dengan mengendalikan kecepatan mobil walaupun tidak ada penghalang. 

"Dengan 5 fungsi TSS itu akan membuat Toyota Raize menjadi lebih nyaman dikendarai dan bisa dibilang mobil ini telah dilengkapi fitur semi auto pilot," jelas Sales Supervisor Auto2000 Medan Amplas, Bagus saat menjelaskan spesifikasi Toyota Raize di acara launching produk terbaru Toyota tersebut.

Dengan kelengkapan fitur keamaan yang disematkan pada Toyota Raize itu, produk ini hanya dibandrol mulai dari Rp 220 hingga 260 juta. Itu merupakan harga On The Road di Kota Medan, Sumatera Utara. (DS/ Dik)

Share:
Komentar

Berita Terkini