Tidak Konfirmasi Dalam Pemberitaan, Arief Yolando: Saya Merasa Dirugikan dan Akan Kita Somasi

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Menanggapi pemberitaan yang dibuat oleh Oknum Wartawan salah satu media online dengan judul "Dua Anggota Gatsu AMX Kota Cirebon Dikeluarkan dari Keanggotaan" yang sudah tayang 18 jam lalu tanpa diterapkan tanggal, bulan dan tahun dalam isi berita tersebut. Maka, Arief Yolando angkat bicara.

Arief Yolando pihak yang diberitakan oleh oknum wartawan mengatakan kepada awak media melalui telepon selulernya, bahwa dirinya merasa dirugikan dan akan somasi oknum wartawan atas pemberitaan tersebut, sabtu (29/05/2021).

Arief mengatakan, isi berita tersebut hanya sepihak tanpa mengkonfirmasi dan meminta izin terlebih dahulu terkait foto yang dipublikasikan. 

Masih kata Arief, dalam pemberitaan itu dirinya bukanlah dipecat dari keanggotaan Ormas tersebut, melainkan resmi mengundurkan diri baik secara lisan dengan menghadap pimpinannya dan juga secara tertulis. Hal tersebut dibuktikan dengan bukti surat pengunduran diri tertanggal 3 mei 2021 dan ada saksi serta bukti percakapan melalui WhatsaApp dengan beberapa petinggi Ormas Gatsu AMX.

"Saya bukan dipecat, melainkan saya undur diri dari keanggotaan Ormas Gatsu AMX CIKO. Sayapun sudah menghadap dan bicara secara lisan dengan ketua DPC Gatau AMX CIKO, juga sudah berkomunikasi by phone dengan Ketum DPP Gatsu AMX," ujar lelaki mantan Wakil ketua DPC Gatsu AMX Ciko itu.

Dirinya mengaku, sambung Arief, sangat kecewa terhadap Oknum Wartawan tersebut yang memberitakan dan menampilkan foto dirinya dengan sepihak tanpa izin atau terlebih dahulu. "Setau saya, wartawan itu dalam memberitakan suatu hal harus berimbang, artinya para pihak yang terkait wajib mengkonfirmasi terlebih dahulu sesuai dengan kode Etik Jurnalistik. Parahnya, wartawan tersebut memiliki kedekatan emosional dengan saya, mengapa oknum tersebut tidak menanyakan faktanya...?," sebutnya dengan wajah kecewa.

Disisi lain, Hani yang pernah menjadi Sekretaris Ormas DPC Gatsu AMX CIKO, juga menyampaikan kekesalannya lewat via selular, bahwa dirinya dengan Arief tidak dipecat, melainkan mengundurkan diri dari keanggotaan Ormas Gatsu AMX CIKO.

"Saya kecewa terhadap pemberitaan Oknum Wartawan tersebut yang membuat berita secara sepihak tanpa konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak yang terkait, sehingga akhirnya ada masyarakat yang merasa dirugikan, padahal oknum wartawan itu kenal dekat dengan saya," ungkapnya.

Menurut Hani, sesuai dengan fakta bahwa dirinya mengundurkan diri dari Ormas Gatsu AMX CIKO tertanggal 1 Mei 2021, artinya dirinya undur diri dari ormas tersebut bukan dipecat seperti apa yang diberitakan. (Red/ril)

Share:
Komentar

Berita Terkini