Satu Lagi Tersangka Kasus Ganja 30,5 Kg, Ditangkap Polres Taput

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Berkat kerjasama dengan Direktorat Narkoba Polda Sumatera Utara (Sumut) dan Sat Narkoba Polres Siantar, satu orang tersangka baru berhasil ditangkap dalam sindikat jual beli narkoba jenis ganja yang berhasil diungkap Polsek Sipoholon, Polres Tapanuli Utara (Taput), pada Sabtu (22/05/2021).

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga orang tersangka, Sri Hartono, Pandu Permana Putra dan Fajar, ditangkap petugas Polsek Sipoholon saat mobil tersangka membawa ganja seberat 30,5 kg dari Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kelurahan Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon, Taput.

Kapolres Taput, AKBP Muhammad Saleh SIK MM, melalui Kasubbag Humas, Aiptu W Baringbing, Senin (24/05/2021) kepada wartawan, mengatakan satu tersangka baru yang berhasil ditangkap yaitu, Mathius Sianturi Alias Arif (30), warga Jln Mangga No 85, Kecamatan Siantar Timur, Pematang Siantar.

Tersangka ditangkap pada Minggu (23/05/2021), sekira pukul 21.50 Wib, dari rumahnya. Penangkapan dilakukan berkat kerjasama dengan Direktorat Narkoba Polda Sumut dan Sat Narkoba Polres Siantar.

Dijelaskannya, identitas dan keberadaan tersangka ini diketahui berkat hasil pemeriksaan dan pengembangan terhadap ketiga tersangka yang sudah ditangkap. 

Awalnya, ketiga tersangka tidak jujur saat diinterogasi petugas. Namun setelah diperiksa secara intensif, akhirnya mereka mengakui perbuatannya. Dari keterangan ketiga tersangka, mereka sudah 6 kali transaksi menjual ganja kering kepada tersangka Mathius Sianturi. 

Pertama dijual seberat 10 kg, kedua 10 kg, ketiga 15 kg, keempat 40 kg, kelima 40 kg, dan keenam kalinya seberat 40 kg. Saat mereka tertangkap kemarin, tersangka hendak menjual seberat 30,5 kg.

"Seluruh ganja tersebut dibeli dari Kabupaten Mandailing Natal. Jadi, cara kerja mereka sudah sindikat. Saat tiga tersangka memesan ganja tersebut dari Madina, tersangka Mathius sudah siap menampung di Siantar dengan harga per kilogram Rp 1,4 juta," ujar Aiptu W Baringbing.

Saat ini tersangka Mathius Sianturi masih diperiksa di Unit Narkoba Polres Taput dan mencari tersangka lain dengan menjalin kerjasama beberapa Polres di Sumut. 

Dari tersangka ini, polisi mengamankan barang bukti berupa satu buah HP merek Nokia warna putih. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini