Polres Taput Gelar Apel Pasukan Ops Ketupat Toba 2021, 5 Pos Penyekatan Arus Mudik Disiagakan

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri dan kesiapan personil, serta sarana dan prasarana pendukung, 

Polres Tapanuli Utara (Taput), melakukan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2021, Rabu (05/05/2021), di lapangan Tangsi, Tarutung.

Kapolres Taput, AKBP Muhammad Saleh SIK MM, melalui Kasubbag Humas, Aiptu W Baringbing menjelaskan, Ops Ketupat Toba dimulai pada tanggal (06/05/2021) hingga (17/05/2021) dan personil sudah ditempatkan di pos masing-masing. 

Pengamanan dalam operasi ini sebanyak 137 personil gabungan yang menempati 5 pos penyekatan, terletak di Kecamatan Adiankoting, Pahae Jae, Siborongborong di Bandara Silangit, Siborongborong di Sitampurung dan di Kecamatan Pangaribuan.

Pos penyekatan, kata Aiptu W Baringbing, bertujuan untuk mengawasi pemudik dalam rangka libur nasional untuk memperingati hari raya Idul Fitri . Sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah bahwa mudik dilarang, nantinya petugas di pos akan memeriksa penumpang mobil maupun sepeda motor yang melintas di wilayah Taput.

Apabila ditemukan warga yang mudik, akan disuruh kembali dan tidak diizinkan lewat, kecuali bepergian kepentingan khusus, seperti ada keluarga yang kemalangan, sakit dan pegawai yang melaksanakan tugas didukung dengan surat resmi.

Selain itu, 2 pos pengamanan disiagakan di pasar Siborongborong dan Pom Bensin di Sipoholon. Ini bertujuan untuk pengamanan kendaraan yang melintas dari wilayah Taput dan juga aktifitas warga.

"Ada juga kita mendirikan 3 pos di objek wisata yang terletak di Salib Kasih, Hutaginjang, dan pemandian Air Soda. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung lokal yang sedang berlibur," ujar Aiptu W Baringbing.

Lanjutnya, semua ini dilakukan untuk mencegah penularan virus Covid-19 yang masih belum terkendali. Diimbau juga kepada seluruh masyarakat agar bersabar, bisa menahan diri dari niat untuk mudik. Tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menerapkan pola 5 M, yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini