Penyabar Nakhe: Disdiksu Jangan Pindahkan Guru SMA/SMK di Pulau Nias

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Disdiksu) diminta untuk tidak memindahkan guru-guru SMA dan SMK Negeri yang berada dipelosok-pelosok di Kepulauan Nias.

Sebab, kata Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRS) Sumut, Penyabar Nakhe,

rata-rata SMA dan SMK Negeri di Kepulauan Nias masih kekurangan guru.

"Sudahlah di daerah tersebut guru-guru SMA dan SMK Negeri minim, mau dipindahkankan lagi, bagaimana nanti proses belajar mengajar disana kalau minim guru," katanya kepada wartawan diruang kerjanya Gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (19/5/2021).

Dulu, kata Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut ini, beramai-ramai pindah mau jadi PNS di Kepulauan Nias, tapi setelah lima tahun jadi PNS, pindah dia.

"Padahal dia sudah teken bahwa saya bersedia di tempatkan di seluruh pelosok tanah air. Tapi kenapa setelah lima tahun minta pindah. Sudahlah guru disana minim, pindah pula dia," ujarnya.

Kalau pimpinan tidak memberi izin, tegas Penyabar Nakhe, maka guru-guru tersebut tidak bisa pindah. Tapi karena pimpinan memberi izin, kata Penyabar, tentu pindahlah guru-guru itu, sehingga semakin minim guru-guru SMA dan SMK Negeri di Kepulauan Nias.

Oleh karena itu, tambah Penyabar Nakhe, pihaknya minta sementara ini jangan dulu dipindahkan guru-guru SMA dan SMK Negeri di Kepulauan Nias.

Dari data yang ada, ungkap Penyabar Nakhe, ada beberapa sekolah SMA Negeri dan SMK Negeri di Kepulauan Nias itu sedikit gurunya.

"Jangan dulu sementara dipindahkan guru-guru SMA Negeri dan SMK Negeri di pelosok-pelosok yang ada di Kepulauan Nias, karena disana saja kekurangan guru, lalu kenapa dipindahkan lagi guru-gurunya," pungkasnya. (sus)

Share:
Komentar

Berita Terkini