Empat Catatan Fraksi Gerindra DPRD Gunungsitoli Soal Ranperda Irigasi

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Fraksi Gerindra DPRD Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menyampaikan empat catatan atas Ranperda Irigasi.

Catatan itu disampaikan Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kota Gunungsitoli, Yobedi Laowo SE, saat membacakan pendapat akhir fraksinya dalam paripurna, Rabu (12/5/2021). 

Yobedi menjelaskan, Perda merupakan regulasi penting untuk menjalankan pemerintahan dan kehidupan bermasyarakat dengan mencapai tujuan yang diinginkan.

Menurutnya, dalam menerapkan Perda diperlukan kerjasama dari seluruh pihak baik itu pemerintah daerah maupun masyarakat sehingga dapat tercipta suasana kondusif.

"Untuk mewujudkannya, Perda yang diterbitkan harus memiliki muatan dan aturan nyata dengan mendapat kata sepakat mufakat dari pemerintah, DPRD, dan masyarakat", kata Yobedi.

Karena itu, lanjutnya, setelah mencermati isi Ranperda dan laporan Pansus maka ada empat catatan Fraksi Gerindra yang diharapkan menjadi bahan penyempurnaan pengambilan keputusan.

Adapun catatan tersebut, diantaranya sebagai berikut:

1. Fraksi Gerindra berharap, seluruh isi Ranperda Irigasi telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan peraturan perundang-undangan. 

2. Fraksi Gerindra berharap, muatan dan pasal dalam Ranperda sudah dicermati dengan baik. Sehingga tidak menimbulkan ambigu, memiliki kepastian hukum, tidak menimbulkan kontroversi, sesuai kondisi real, serta tidak membebani masyarakat ataupun pengusaha.

3. Fraksi Gerindra berharap, penerapan Ranperda diberlakukan secara adil, tepat sasaran, transparan, serta tidak mengecualikan pihak tertentu.

4. Fraksi Gerindra berharap, Pemerintah Kota Gunungsitoli memberi salinan beserta Perwal yang diterbitkan kepada seluruh Anggota DPRD. Sehingga dapat menjadi bahan check and balance antara DPRD dan Eksekutif demi mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat.

"Pada hakekatnya, Fraksi Gerindra DPRD Kota Gunungsitoli menyetujui Ranperda Irigasi ditetapkan menjadi Perda", tandas Yobedi. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini