Diguyur Hujan Deras, Jalan Lintas Sidikalang - Tigalingga Longsor

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Jalan nasional Sidikalang- Tigalingga yang berada di Dusun Sumbul Karo, Desa Palding Jaya, Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara, Selasa (18/5/2021) sekira pukul 05.00 WIB tertimbun material longsor. 

Akibat kejadian itu, lalulintas dari dua arah berlawanan sempat macet total.

Kepada wartawan, Babinsa Koramil 04/Tigalingga Serda JM Sihombing mengatakan, longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Dairi sejak, Senin sekitar pukul 13.00 sampai Selasa dinihari.

"Material longsor menutup badan jalan sepanjang 10 meter, sehingga tidak dapat dilewati kendaraan," kata Sihombing.

Agar jalan bisa dilalui kendaraan masyarakat secara gotong royong dibantu alat berat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). "Jam 09.00 WIB jalan kembali bisa dilalui kendaraan," terang Sihombing.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi Sahala Tua Manik melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Fery Naibaho saat dikonfirmasi terkait kejadian tersebut mengatakan, setelah mendapat laporan dari masyarakat dan untuk kelancaran lalu lintas, pihak BPBD telah mengerahkan alat berat backhoe loader untuk melakukan pembersihan material longsor.

"Kita sampaikan terima kasih atas partisipasi masyarakat. Kita menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Dairi bahwa dengan keadaan cuaca saat ini agar tetap siap siaga dan berhati-hati saat melintas di lokasi jalan yang rawan longsor," ucap Fery.

Disebutkannya, apabila ada indikasi terjadi bencana ia mengimbau kepada masyarakat segera melaporkan ke Pemerintah Desa/Kelurahan, Kecamatan dan BPBD.

"Sesuai dengan status dan kewenangan, kejadian tersebut akan disampaikan informasinya dan dikoordinasikan langkah tindaklanjutnya ke Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) II Sumut," ujarnya.(Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini