Baskami Ginting Ingatkan Kebangkitan Positif Covid 19 Bisa Meledak

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut), Baskami Ginting mengaku khawatir dengan kebangkitan positif Covid 19 belakangan ini.

“Ledakan jumlah pasien positif Covid 19 dihampir seluruh rumah sakit di Kota Medan tentunya menjadi catatan penting bagi kita, bahwa Pandemi ini masih menjadi ancaman utama bagi kita saat ini, “ kata Baskami kepada wartawan diruang kerjanya Gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (20/05/2021).

Baskami melihat catatan dari beberapa RS pemerintah dan swasta di Medan yang menjadi tempat penanganan pasien Covid 19, angka yang disodorkan para pengelola RS rata-rata di atas 80 persen ruang rawat Covid 19 penuh. Angka itu meningkat dalam jangka beberapa hari, sehingga perlu ada pengawasan dari Satgas Covid 19 provinsi untuk tidak lagi berleha-leha dengan sekedar menunggu angka dari laporan dari daerah.

“Langkah-langkah trassing sebagaimana panduan yang diberikan pihak Satgas pusat wajib diperkuat. Kita tidak bisa hanya menunggu pasien datang, periksa ke faskes dan menunggu hasil. Lakukan pendataan secara acak, misalnya wilayah lingkungan yang memiliki positif rate penderita tertinggi. Lakukan trasing door to door, kuatkan kampanye protokol 5 M, dorong masyarakat khususnya yang baru bepergian dari luar kota untuk mau periksakan diri ke faskes atau lakukan Swab secara massal. Ini perlu agar tidak ada kekhawatiran di tengah masyarakat,” ungkap Baskami.

Politisi Senior PDI Perjuangan ini juga mengimbau kepada para pimpinan instansi pusat dan daerah, perguruan tinggi negeri dan swasta untuk bisa terbuka terkait data di dalam internal instansi, sudah berapa banyak pegawai, karyawannya yang melapor tentang kondisi mereka. 

“Beberapa perguruan tinggi yang saya dapat laporan sudah membuat ketentuan bahwa seluruh staf sebelum masuk kantor wajib melampirkan data Swab antigen," ujarnya.

Dari data tersebut, lanjut Baskami, tentunya bisa mentracingnya. Jangan kemudian banyak yang positif, malah ditutup-tutupi dan tidak melalukan tindakan nyata seperti melakukan WFH dalam waktu seminggu. 

"Kita mengapresiasi langkah yang diambil Walikota Medan Bobi Nasution merespon instruksi Gubsu dengan menindaklanjutinya membuat  surat edaran yang intinya menjaga situasi Kota Medan dari peningkatan angka positif covid 19," paparnya.

Karena itu, Baskami mengimbau warga Sumut bersama-sama menjaga diri dan lingkungan keluarganya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang baik, sehingga Pandemi ini segera berlalu. (sus)

Share:
Komentar

Berita Terkini