Banjir dan Tanah Longsor Melanda Kota Wisata Parapat

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Hujan yang cukup tinggi dikawasan kota Wisata Parapat, Kabupaten Simalungun pada, Kamis (13/05/2021) sore mengakibatkan banjir melanda beberapa kawasan didaerah tersebut. 

Banjir tersebut terjadi akibat meluapnya Sungai Batu Gaga Bangun Dolok, karena tidak mampu menampung air yang masuk ke sungai tersebut sehingga meluap dan menggenangi pemukiman warga hingga mencapai ketinggian satu meter.

Bahkan, pemukiman warga pun sampai diterjang material batu dan lumpur yang turut terbawa air saat melintasi pemukiman warga.

Salah satu daerah terparah terjadi di kawasan Lingkungan Anggarjim, Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

Di Anggarajin ini terdapat lima rumah warga mendapatkan kerusakan. Sedangkan satu rumah warga lainnya mendapatkan kerusakan cukup parah.

J Sinaga, warga yang bermukim di kawasan Lingkungan Anggarajin itu mengatakan bahwa, akibat derasnya curah hujan dikawasan tersebut, saluran irigasi tidak mampu menampung air hingga mengakibatkan air meluap ke pemukiman dan badan jalan di kawasan tersebut.

"Hujannya cukup deras, saluran irigasi tidak mampu menampung air yang melimpah hingga meluap," kata Sinaga.

Informasi dihimpun, Pemerintah setempat dibantu TNI-Polri, para warga setempat, organisasi kepemudaan berpartisipasi membersikan puing-puing material batu serta kayu. Tampak juga Satpol PP Kabupaten Toba dilengkapi mobil pemadam kebaranan ikut  ambil bagian membersihkan lumpur di jalan mau pun di rumah warga. 

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui apakah terdapat korban jiwa dalam peristiwa ini.( es)

Share:
Komentar

Berita Terkini