Rapat Paripurna, Walikota Medan: RPJMD 2021-2026 Diselaraskan Dengan Visi Walikota dan Wakil Walikota Terpilih

Dibaca:
Editor: Romi Syah author photo
Unsur pimpinan DPRD Kota Medan bersama Walikota Medan berfose bersama Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution usai rapat paripurna, Selasa (27/4/2021).


dailysatu.com- Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan Tahun 2021-2026 diselaraskan dengan visi walikota dan wakil walikota Medan terpilih, yakni "Terwujudnya Masyarakat Kota Medan yang Berkah, Maju dan Kondusif". 


Hal itu diungkapkan oleh Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution setelah menandatangani nota kesepakatan persetujuan pembahasan rancangan awal RPJMD Kota Medan tahun 2021-2026 di rapat paripurna di gedung DPRD Kota Medan, Selasa (27/4/2021). 


"Visi walikota dan wakil walikota terpilih ditetapkan sebagai visi pembangunan jangka menengah daerah tahun 2021-2026, yaitu terwujudnya masyarakat Kota Medan yang Berkah, Maju dan Kondusif," kata Bobby.

Penandatanganan Nota Kesepakatan Persetujuan Pembahasan rancangan awal RPJMD 2021-2026 oleh Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, Selasa (27/4/2021).


Walikota Medan, Bobby Nasution menambahkan sedangkan penjabaran visi RPJMD Kota Medan tahun 2021-2026 dilakukan dengan menyelaraskan ke beberapa misi yang dirumuskan, yakni Medan Berkah.


"Medan Berkah adalah mewujudkan Kota Medan yang berkah dengan memegang teguh nilai-nilai keagamaan dan menjadikan Kota Medan  sebagai kota layak huni, juga berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat," jelasnya.


Penandatanganan Nota Kesepakatan Persetujuan Pembahasan rancangan awal RPJMD 2021-2026 oleh Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE, Selasa (27/4/2021).


Misi lainnya adalah Medan Maju yang bertujuan memajukan masyarakat melalui revitalisasi pelayanan pendidikan dan kesehatan yang modern dan terjangkau.


Selain itu, Medan Bersih, yang menciptakan keadilan sosial melalui reformasi birokrasi yang bersih, profesional, akuntabel dan transparan.

Rapat paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan Persetujuan Pembahasan rancangan awal RPJMD 2021-2026, Selasa (27/4/2021).


Yang tak kalah pentingnya adalah misi Medan Membangun, bertujuan membangun sarana dan prasarana yang mendukung peningkatan perekonomian dan potensi masyarakat lokal.


"Sedangkan Medan Kondusif adalah mewujudkan kenyamanan dan iklim kondusif bagi segenap masyarakat Kota Medan melalui peningkatan supremasi hukum, berbasis partisipasi masyarakat," paparnya.

Rapat paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan Persetujuan Pembahasan rancangan awal RPJMD 2021-2026, Selasa (27/4/2021).


Setelah itu, Medan Inovatif yang mewujudkan Kota Medan sebagai ekonomi kreatif dan inovatif.


Lalu, misi Medan Beridentitas yang mewujudkan Kota Medan beradab, santun, harmonis, toleran dalam kemajemukan demokratis dan cinta tanah air.


Rapat paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan Persetujuan Pembahasan rancangan awal RPJMD 2021-2026, Selasa (27/4/2021).


"RPJMD menjadi acuan Pemerintah Kota dalam merencanakan pembangunan lima tahun kedepan, dengan memaksimalkan seluruh potensi dan sumberdaya pembangunan. Namun, dalan pelaksanaannya tidak terlepas dari berbagai permasalahan dan isu strategis yang selama ini memberikan dampak negatif terhadap prmbangunan kota dan pelayanan masyarakat," kata Bobby.


/// 5 Tahun Kedepan, Pemko Medan Usung 5 Program Prioritas Pembangunan Kota ///


Walikota Medan, Bobby Afif Nasution saat hadir dalam Rapat paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan Persetujuan Pembahasan rancangan awal RPJMD 2021-2026, Selasa (27/4/2021).


Oleh karena itu, dalam lima tahun kedepan, Pemko Medan akan mengusung 5 program prioritas pembangunan kota, diantaranya peningkatan pelayanan kesehatan, terutama dalam menekan angka penyebaran Covid-19.


Selain itu, penanganan dan pengelolaan persampahan, peningkatan kualitas infrastruktur, pembangunan kawasan heritage Kesawan sebagai pusat kuliner "The Kitchen of Asia" dan penanganan banjir.


Bobby menambahkan prioritas pembangunan tersebut diharapkan dapat memecahkan permasalahan pembangunan daerah yang langsung berhubungan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, perbaikan kualitas layanan publik dan peningkatan daya saing daerah. Sehingga dapat mewujudkan Medan kota yang berkah, maju dan kondusif.


Bobby mengharapkan saran, masukan dan rekomendasi yang disampaikan nantinya oleh anggota dewan dan menjadi catatan-catatan strategis yang dapat dijadikan masukan, perbaikan dalam penyempurnaan rancangan awal RPJMD Kota Medan tahun 2021-2026.

Ketua DPRD Medan, Hasyim SE dalam Rapat paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan Persetujuan Pembahasan rancangan awal RPJMD 2021-2026, Selasa (27/4/2021).


Sementara itu, Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE mengapresiasi penyusunan rancangan awal RPJMD Kota Medan 2021-2026 tersebut.


"Diperlukan kesepakatan bersama antara DPRD Kota Medan dan Pemko Medan untuk selanjutnya dijadikan langkah penyusunan RPJMD 2021-2026," jelas Hasyim SE.

Rapat paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan Persetujuan Pembahasan rancangan awal RPJMD 2021-2026, Selasa (27/4/2021).



Diketahui, penyusunan rancangan awal RPJMD Kota Medan merupakan rangkaian yang berkesinambungan. Mulai dari tahap persiapan, rancangan tenokrat hingga konsultasi publik rancangan awal.


Hal ini sesuai dengan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017. Rancangan Teknokratik RPJMD menjadi salah satu input bagi penyusunan rancangan awal RPJMD dengan menyesuaikan terhadap visi misi walikota terpilih.  (***)


Pembuat berita : Dicky Irawan

Foto                      : Sekretariat DPRD Medan                



Share:
Komentar

Berita Terkini