Pemko Gunungsitoli Gelontorkan 400 Juta Untuk Tangani ODGJ

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Dalam menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menggelontorkan anggaran Rp.400.000.000 setiap tahunnya.

Anggaran yang bersumber dari APBD itu digunakan untuk membiayai kebutuhan ODGJ selama menjalani rehabilitasi di Yayasan Pemulihan Kasih Bangsa.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Sosial Kota Gunungsitoli, David Mathias Hulu, diruang kerjanya, Rabu (14/4/2021).

Menurut David, adapun biaya yang ditanggung Dinas Sosial selama ODGJ direhabilitasi adalah biaya makanan sehari-hari. Sedangkan pakaian, disediakan pihak yayasan.

"Jadi perbulannya, pemerintah daerah menyediakan Rp.1.300.000 kepada setiap ODGJ untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Sementara hingga kini, ODGJ yang masih menjalani rehabilitasi sebanyak 30 orang", ujar David.

David menerangkan, dari 30 ODGJ yang masih menjalani rehabilitasi lima diantaranya warga Kabupaten tetangga seperti Nias Selatan, Nias Barat, dan Nias Utara. Sedangkan lainnya warga Kota Gunungsitoli.

"Sebagian besar ODGJ yang menjalani rehabilitasi ditertibkan dari sejumlah kawasan di Kota Gunungsitoli. Mereka dijemput dan direhabilitasi karena sudah mengganggu kenyamanan masyarakat", kata David. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini