Pemkab Simalungun Laksanakan Desiminasi Hasil Penyusunan PGS-PL

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melaksanakan Desiminasi Hasil Penyusunan Panduan Gizi Seimbang berbasis Pangan Lokal (PGS-PL), bertempat di Kantor Bappeda Kabupaten Simalungun,  Pamatang Raya, Sumatera Utara,  Senin (12/04/2021).

Kegiatan ini secara resmi di buka oleh Bupati Simalungun, diwakili Staf Ahli Bupati, Ir Topot Saragih, MH, dan diikuti oleh undangan antara lain Bappeda, Dinas Kesehatan,  Dinas Pendidikan,  Dinas Sosial,  DPMPN,  Dinas PPKB, Dinas PU,  Dinas Hanpang,  Dinas Kominfo dan Dinas PPPA serta dari SEAMEO RECEON. Secara virtual kegiatan ini juga diikuti oleh Camat Ujung Padang,  Tanah Jawa Silou Kahean, Silou Kahean,  Pamatang Silimahuta,  Silimakuta dan Dolok Panribuan serta sejumlah pangulu yang wilayahnya merupakan lokasi khusus penanganan Stunting dan Ketua Himpaudi Kabupaten Simalungun. 

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Sosialisasi Program Anakku Sehat dan Cerdas  oleh 'Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Center for Food and Nutrition,  Regional Centre for Food Nutrition (Seameo Recfon), The Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN)  dan Mitra Akademisi dalam rangka penanganan stunting di Kabupaten Simalungun. 

Sebagai nara sumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Hetty Harta Doloksaribu, STP, M.Kes dengan topik Desiminasi Hasil Panduan Gizi Berbasis Pangan Lokal  (PGL-PL) pada Balita di 50 Kabupaten Berbasis Stunting,  dan Azis dari Seameo Recfon dengan materi Pengembangan PAUD Holistik Integratif Sebagai Upaya Penanggulangan Stunting  di Tingkat Kabupaten. 

Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan oleh Ir. Topot Saragih, MH, antara lain mengharapkan kepada seluruh OPD di jajaran Pemkab. Simalungun dan stakeholders agar dapat bersinergi dalam rangka penanganan stunting di Kabupaten Simalungun. Sehingga di tahun 2022 mendatang diharapkan persentasi stunting di Kabupaten Simalungun sudah  0 %.

Sementara itu, Direktur Poltekkes Kemenkes Medan Dra. Ida Nurhayati M. Kes dalam sambutannya antara lain mengatakan upaya-upaya dalam penanggulangan stunting ini harus terus kita lakukan untuk menekan angka pertumbuhannya.  Oleh karena itu mari kita bersinergi untuk sama-sama menanggulangi stunting ini sehingga ke depan anak-anak kita dapat tumbuh dan berkembang serta sehat dan cerdas.(Erwin Sinulingga)

Share:
Komentar

Berita Terkini