Musrenbang Kabupaten Dairi Tahun 2022 Fokuskan Peningkatan Infrastruktur

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu Membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Dairi Tahun 2022 dengan arah kebijakan Peningkatan Infrastruktur Wilayah Yang Berwawasan Lingkungan, Senin (5/4/2021) di Balai Budaya Sidikalang. 

Disampaikan Bupati Dairi, Tahun 2022 merupakan pelaksanaan tahun ketiga perwujudan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Dairi sebagaimana tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Dairi Nomor 6 Tahun 2019 tentang Rpjmd Kabupaten Dairi tahun 2019-2024. Dijelaskannya, berpedoman pada RPJMD Kabupaten Dairi Tahun 2019-2024,  arah kebijakan pembangunan Kabupaten Dairi Tahun 2022 adalah peningkatan infrastruktur wilayah yang berwawasan lingkungan. 

Bupati Eddy Berutu menyampaikan, perencanaan pembangunan yang kita rancang diharapkan tidak hanya berupaya untuk menyelesaikan permasalahan pada saat ini, namun juga mampu mengantisipasi permasalahan di masa datang. 

“Kebijakan Pemerintah melalui pelaksanaan refocusing/realokasi anggaran untuk penenganan covid19 cukup menyita sumber pendanaan yang kita miliki. Kondisi ini menyebabkan hambatan dan perlambatan dalam perwujudan visi dan misi karena adanya pengalihan anggaran yang menyebabkan pembangunan yang sedianya dilaksanakan guna memenuhi visi misi menjadi tertunda. Maka saya mengharapkan lewat forum ini agar disusun perencanaan yang baik, manfaatkan sumber daya yang ada sehingga output dan outcome berdampak kepada kepentingan ekonomi masyarakat”, pintanya.

Eddy Berutu berpesan, agar semangat dan kolaborasi kerja harus tetap menggelora. Ditengah pandemic covid19 Pemerintah Kabupaten Dairi terus berupaya dalam mewujudkan target capaian pembangunan. 

Eddy menyampaikan, dari capaian indikator makro tahun 2020, indeks pembangunan manusia (IPM) sebesar 71,57 yang tumbuh sebesar 0,15 poin dari tahun 2019, ini menggambarkan bagaimana masyarakat dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendidikan, kesehatan dan pendapatan. Persentase kemiskinan ditargetkan sebesar 8,14% dengan realisasi sebesar 8,04%, tingkat ketimpangan atau gini rasio yang ditargetkan 0,234 realisasi pada angka 0,232, dan pertumbuhan ekonomi terkontraksi sebesar 0,94% dengan persentase kemiskinan sebesar 8,04%.     

Selanjutnya, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sumatera Utara, Ir. Suprianto MM menyampaikan secara kewilayahan arah kebijakan pembangunan wilayah Sumatera ditujukan pada mempercepat pemulihan dampak Pandemi Covid-19, melanjutkan transformasi social ekonomi untuk meningkatkan rantai produksi dan rantai nilai wilayah dan meningkatkan pemerataan kualitas hidup antarwilayah.

Disebutkankanya, hasil evaluasi serta perkembangan kondisi ekonomi dan sosial, pemerintah pusat kembali menegaskan bahwa pendekatan penyusunan RKP Tahun 2022 dilakukan dengan perkuatan pelaksanaan kebijakan money follow program priority. Penguatan tersebut dilaksanakan dengan pendekatan tematik, holistik, integratif dan spasial.

“Berdasarkan prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022,  maka dalam upaya pencapaian target  pembangunan ekonomi maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat, kami meminta agar Pemerintah Kabupaten/Kota dapat mempedomani dan menselaraskan program kegiatan pembangunan di daerah dengan program kegiatan Pembangunan Nasional dan Provinsi Sumatera Utara tersebut", ujarnya.

Selanjutnya, Ketua DPRD Dairi  Sabam Sibarani SSos mengucapkan selamat atas terlaksananya Musrenbang Kabupaten Dairi Tahun 2020. Sabam juga menyampaikan kepada seluruh jajaran Pemkab Dairi supaya terus bekerja keras dalam melaksanakan tugas ditengah situasi yang sulit ini. 

“Kepada seluruh stakeholder supaya jalankan fungsi dan tupoksi masing-masing dan begitu juga dengan kami. Jika kita bekerja dengan baik, maka visi dan misi Pemkab Dairi untuk mewujudkan Dairi Unggul akan tercapai. Kita tidak bisa bekerja sendiri namun harus terus bersama-sama dan bekerjasama untuk terus membangun Dairi ini,” ucapnya. 

Musrenbang Kabupaten Dairi Tahun 2022 diisi juga pemaparan dari balai BPPW SU Kementerian PUPR, Badan Otorita Danau Toba (BODT), BPJN Kementerian PUPR serta Kepala Bappeda Sumatera Utara

Musrenbang Kabupaten Dairi Tahun 2022 yang dilaksanakan secara hybrid turut dihadiri Dandim 0206/Dairi, Letkol Arm Adietya Y Nurtono SH, Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK, Ketua PN Sidikalang Ledis Meriana Bakara, PErwakilan KEjaksaaan Negeri Dairi, Kepala BPS Sidikalang Asi Matanari, Anggota DPRD Dairi, Tokoh Masyarakat, Sekda Dairi Drs. Leonardus Sihotang, Pimpinan OPD Pemkab Dairi serta beberapa perwakilan dari tokoh pemuda.(ds/Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini