MTQ Ke X Dibuka, Wakil Walikota Gunungsitoli: Ini Kegiatan Berskala Nasional

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Wakil Walikota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Sowa'a Laoli SE, M.Si, membuka secara resmi kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke X.

Pembukaan yang dihadiri Kapolres Nias, Ketua PN Gunungsitoli, dan anggota DPRD Kota Gunungsitoli itu bertempat di Masjid Raya Al-Furqan, Jalan Sirao, Kelurahan Pasar, Kecamatan Gunungsitoli, Kamis (1/4/2021) malam.

Kepada wartawan, Sowa’a mengatakan bahwa kegiatan MTQ akan berlangsung selama empat hari, terhitung sejak 1-4 April 2021 mendatang.

“Pada perinsipnya, pemerintah daerah mendukung dan bersedia memfasilitasi kegiatan MTQ. Karena MTQ merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan umat Islam lewat kompetisi seni membaca Al-Quran", ujarnya saat ditemui usai mengikuti pembukaan MTQ.

Sowa'a menyebut, MTQ adalah kegiatan berskala nasional. Sebab, MTQ dapat menjadi sarana mengasah dan meningkatkan kemampuan seni membaca Al-Quran, pemahaman ayat-ayat suci Al-Quran, serta melestarikan dan menjaga keaslian Al-Quran.

“Saya berharap, MTQ tidak hanya sebagai rutinitas. Tetapi dijadikan momentum strategis dalam mewarnai pembangunan perilaku kehidupan. Saya berpesan, peserta MTQ mengambil hikmah dan makna yang tersirat dengan memberikan kemampuan terbaiknya", ucap Sowa'a.

Tidak lupa, Sowa’a menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pengurus LPTQ, tim pelaksana, ormas Islam Kota Gunungsitoli yang telah mewujudnyatakan penyelenggaraan MTQ ke-X 2021.

“Saya mengimbau, dalam melaksanakan MTQ panitia tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak antara peserta MTQ dan tamu yang hadir", kata Sowa'a.

Lebih jauh Sowa'a berpesan, agar LPTQ menjaga indepedensi dari para dewan hakim yang mengambil segala keputusan. Sehingga, apapun hasil dari keputusan memiliki bobot yang berkualitas, baik dan dipertanggungjawabkan.

“Kiranya dewan hakim dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik, bebas dari intervensi manapun, berlaku adil, objektif, profesional serta amanah memberikan penilaian terhadap peserta lomba", tandas Sowa'a. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini