Kunker Walikota Tidak Libatkan DPRD Medan

Dibaca:
Editor: Romi Syah author photo

 


DailySatu.com, Kunjungan kerja (Kunker) Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution didampingi politisi Golkar sekaligus anggota DPRD Sumut, Akbar Himawan Bukhari ke Pemerintah Kota Tanggerang Selatan (Tangsel) terus menuai kritik dan sorotan dari kalangan Anggota DPRD Kota Medan.

Kalangan anggota DPRD Kota Medan, mengingatkan Walikota Bobby Nasution agar melibatkan dewan dalam setiap agenda pemerintahan kota.

Anggota DPRD Kota Medan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Renville Pandapotan Napitupulu saat diminta komentarnya mengaku tidak mengetahui pasti apa agenda Walikota Bobby Nasution menemui Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, hingga harus didampingi Akbar Himawan Bukhari.

"Kita belum tahu apa sebenarnya agenda mereka ke sana (Tangsel). "Tapi jika memang kunker tersebut merupakan agenda resmi Pemerintahan Kota Medan, maka sudah selayaknya melibatkan dan mengikutsertakan Anggota DPRD Kota Medan. Sebab merupakan counterpart (rekan,red) resmi dijajaran Pemko Medan," kata Renville di Medan, kemarin.

Renville yang juga Ketua DPD PSI Kota Medan mengakui memaklumi jika kunker walikota tersebut membahas persoalan banjir Kota Medan, hingga harsu membawa seorang Anggota DPRD Sumut.

“Jika agenda tersebut terkait pembahasan banjir, jalan  dan persoalan sungai, maka memang cocok.membawa anggota DPRD Sumut. Hal ini mengingat wilayah kerja Pemerintahan Kota Medan mengatasi banjir, jalan dan penanganan sungai sangat terbatas, apalagi terkait pemerintahan pusat," ucapnya.

Renville juga menegaskan, dirinya selaku Anggota DPRD Kota Medan dari PSI senantiasa mendukung kinerja Pemko Medan dibawah kepemimpinan Walikota Bobby Nasution.

"Kita merupakan sebagai partai salahsatu pendukung beliau (Walikota Bobby Nasution) akan selalu mensupport kegiatan dan program yang baik dilaksakan Walikota, namun hendaknya dalam menjalankan kegiatan dan programnya hendaknya juga melibatkan melibatkan anggota DPRD Kota Medan," tegas Renville yang juga Ketua DPD PSI Kota Medan ini.  

Sementara pada hari yang sama, Ketua DPW PSI Sumut, H.M Nezar Djoely ST mengaku menyedihkan tidak dilibatkan dan diikutsertakannya Anggota DPRD Kota Medan pada Kunker Walikota Bobby Nasution ke Pemko Tangsel.

"Ini sangat menyedihkan bagi tatanan pemerintahan kota. Sebab selayaknya anggota DPRD Kota lah yang mendampingi walikota untuk agenda pemerintahan, bukan malah anggota dewan provinsi,"kata Nezar Djoely.

"Tapi mungkin saja ada tujuan lain, misalnya pertemuan itu untuk membahas persoalan jalan dan.sungai mengingat jabatan diijalani Akbar saat ini  selain pengurus Golkar juga anggota DPRD Sumut asal daerah pemilihan Kota Medan," katanya.

Nezar juga menegaskan, Walikota Medan Bobby hendaknya terus membangun kolaborasi dalam menjalani roda pemerintahan Kota Medan. PSI yang memiliki dua kursi legislatifnya di DPRD Medan, hendaknya senantiasa menjalin sinergitas antara eksekutif dan legislatif.

"Sudah selayaknya Walikota Medan turut melibatkan anggota DPRD Kota Medan dari PSI untuk setiap agenda pemerintahannya. Apalagi kader PSI uang duduk di DPRD Medan putra terbaik yang mumpuni,” pungkasnya. (sus)

Share:
Komentar

Berita Terkini