Kabar Reshuffle Menghangat, Arteria Dahlan Dinilai Layak Isi Kabinet Indonesia Maju

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com -Penambahan Kementerian Investasi serta peleburan Kementerian Ristek-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghangatkan kabar reshuffle di Kabinet Indonesia Maju. Dikuatkan lagi realease hasil Survei Indonesia Political Opinion (IPO) yang menjabarkn hasil survei lembaga mereka atas pendapat konsituen menilai para Menteri di Kabinet pimpinan Jokowi-Ma’ruf Amin ini belum lama ini.

Bicara sosok pengganti jika Resuffle terjadi, nama H Arteria Dahlan ST SH MH amat santer terdengar dari beberapa praktisi hukum di Tanah Air. Putra berdarah Minang ini dinilai sosok tepat dirangkul Presiden Jokowi membantunya di perjalanan Kementerian membidangi hukum di Kabinet Indonesia Maju.

“Bang Arteria Dahlan sosok yang diyakini membawa perubahan yang baik di kementerian hukum di Kabinet Indonesia Maju. Disamping, beliau berkompentensi, milineal, rekam jejak yang baik serta kepeduliannya dalam bidang hukum patut diacungi jempol,” kata Direktur LBH Alwasliyah Sumut Ibeng Syafrudin Rani SH, Selasa (13/4/2021).

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin diyakini Wakil Sekretaris Asosiasi Advokat Indonesia Kota Medan ini, telah menyenter Anggota Komisi III DPR RI ini menjadi pembantunya menjalankan roda pemerintahan mendatang.

Ibeng Syafrudin Rani SH menilai, Survei IPO yang disampaikan dalam acara diskusi Polemik Trijaya bertajuk 'Evaluasi Kabinet dan Peta Politik 2024', Sabtu (10/4/2021) sesuai juga dengan penilaiannya yang ada baiknya ditindaklanjuti dengan perbaikan Kabinet Indonesia Maju kedepan dengan menempatkan sosok-sosok sekelas H Arteria Dahlan ST SH MH hingga capaian kinerja Jokowi-Ma’ruf bisa maksimal.

Menjadi keterwakilan orang Sumatera, Ibeng mengharapkan, Jokowi-Ma’ruf memfasilitasi aspirasi masyarakat yang menginginkan perubahan kinerja kementerian bidang hukum yang dapat dipercayakan kepada Arteria Dahlan menakhodainya dan diyakini mendapatkan hasil maksimal. 

Direalease Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah sebagaimana dilansiir media nasional, Kementerian paling populer diantaranya, Kemensos: 73,1%, Kemendagri: 64,8%, Kemenhan: 58%, Kemenkeu: 41% dan Kemen PUPR 37%.

Sedangkan Menteri paling populer, Prabowo Subianto: 56%, Tito Karnavian: 43%, Sandiaga Uno: 39%, Mahfud Md: 30% dan Sri Mulyani 29%. Pendapat konstituen atas Menteri berkinerja paling memuaskan diperoleh, Sri Mulyani: 54,7%, Retno LP Marsudi: 50%, Tri Rismaharini: 42%, Tito Karnavian: 38% dan Mahfud Md: 34%.

Sementara publik yang disurvei IPO menilai Menteri yang dianggap paling tak memuaskan adalah, Yasonna H Laoly: 50%, Ida Fauziyah: 45%,  Zainudin Amali: 40%, Syahrul Yasin Limpo: 33% dan Tjahjo Kumolo: 31%.

Sedangkan konstituen IPO menilai Kementerian yang diharapkan di-reshuffle, Kemenko Perekonomian: 36%, Kemenko Polhukam: 24%, Kemenko Maritim dan Investasi: 11% dan  Kemenko PMK: 29%.

Realease lain Menteri di bawah Kemenko Perekonomian yang diharapkan di-reshuffle :

1. Ida Fauziyah: 46%

2. Teten Masduki: 28%

3. Syahrul Yasin Limpo: 27%

4. Wahyu Sakti Trenggono: 30%

5. Siti Nurbaya Bakar: 23%

6. Arifin Tasrif: 19%.

Menteri di bawah Kemenko Polhukam yang diharapkan di-reshuffle

1. Yasonna H Laoly: 54%

2. Tjahjo Kumolo: 34%

3. Johnny G Plate: 29%.

Menteri di bawah Kemenko PMK yang diharapkan di-reshuffle

1. Zainudin Amali: 41%

2. I Gusti Ayu Bintang Darmawati: 15%

3. Abdul Halim Iskandar: 12%.

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G. Plate dalam siaran media nasional mengatakan perlu ada reshuffle kabinet dalam waktu dekat setelah peleburan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Mengulas sosok H Arteria Dahlan, ST, SH, MH dikutip dari situs wikipedia, pria ini lahir di Jakarta, 7 Juli 1975 yang berprofesi awal adalah seorang pengacara dan politisi Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Saat ini, ia menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2019–2024 mewakili daerah pemilihan Jawa Timur VI.

Arteria mulai duduk di DPR RI pada 23 Maret 2015. Ia menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) dari Djarot Saiful Hidayat yang ditunjuk sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk mendampingi Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Orang tua Arteria merupakan perantau Minang asal Kukuban, Maninjau, Sumatra Barat. Ayahnya bernama Zaini Dahlan dan ibunya bernama Wasniar. Mereka merantau ke Jakarta pada era 1950-an dan bekerja sebagai guru. (Red/ril)

Share:
Komentar

Berita Terkini