Jaksa Tuntut Direktur PT TPI Selama 7 Tahun Penjara

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Jaksa Penuntut Umum dari  Kejatisu, Randi H Tambunan menuntut Direktur PT.Timur Property Investindo, The Antonius Fregianto alias Pak Egi selama 7 tahun penjara saat di persidangan yang digelar di ruang Cakra 8 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (27/4/2021), petang.

"Meminta kepada Majelis Hakim untuk menjatuhkan hukuman kepada terdakwa The Antonius Fregianto selama 7 tahun penjara," ucap JPU Randi.

Dalam sidang yang dipimpin oleh Hendra Utama Sutardodo, SH, MH tersebut, JPU juga menuntut Ketua I Koperasi Simpan Pinjam Timur Pratama Indonesia (Kospin TPI), Inne Irina Luhulima selama 8 tahun.

Tak hanya itu, dalam tuntutan JPU juga membebani masing - masing terdakwa dengan denda sebesar Rp 10 miliar subsider 3 bulan kurungan.

Menurut JPU kedua terdakwa terbukti bersalah dan dijerat Pasal 46 ayat (1) jo ayat (2) UU No.10 tahun 1998 Tentang Perubahan UU Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan. Dimana kegiatan penyimpanan di Kospin TPI tidak sesuai dengan aturan yang berlaku karena tak memiliki izin dari BI dan OJK.

Dalam rentang waktu 2016-2020 terdakwa yang menjabat Direktur TPI mengetahui jika Koperasi Simpan Pinjam Timur Pratama Indonesia berhasil menghimpun dana dari masyarakat kurang lebih Rp400 miliar. 

Dimana hampir seluruh dana nasabah tersebut dialihkan ke Rekening Bank Danamon Nomor Atas Nama PT. TPI dan digunakan oleh PT. TPI yang notabennya dikelola oleh terdakwa selaku Direktur PT. TPI. Dan hal itu juga diketahui Ketua I Koperasi Simpan Pinjam Timur Pratama Indonesia (Kospin TPI) Inne Irina Luhulima.

Setelah mendengar tuntutan dari JPU, Majelis Hakim menunda persidangan hingga pekan depan.(Sagala)

Share:
Komentar

Berita Terkini