Dinas Sosial Gunungsitoli Fokus Menangani ODGJ

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Dinas Sosial Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, fokus menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Dimana, penanganan ODGJ merupakan salah satu program prioritas pemerintah daerah.

Sekretaris Dinas Sosial Kota Gunungsitoli, David Mathias Hulu, menerangkan bahwa penanganan ODGJ sudah dilakukan pihaknya sejak Tahun 2018 silam.

"Sepanjang Tahun 2021 ini, setidaknya Dinas Sosial Kota Gunungsitoli telah menangani 11 ODGJ yang berasal dari keluarga tidak mampu", ujar David kepada wartawan, Rabu (14/4/2021).

David menjelaskan, proses penanganan berawal dari informasi pemerintah atau masyarakat desa tempat ODGJ berada. Setelah menerima informasi, kemudian tim bergerak menjemput.

"ODGJ yang ditangani adalah ODGJ yang berkeliaran dan juga meresahkan masyarakat. Mereka dijemput lalu dibawa ke Yayasan Pemulihan Kasih Bangsa di Desa Dahana, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi", kata David.

Untuk biaya kebutuhan selama direhabilitasi, lanjut David, sepenuhnya ditanggung Pemerintah Kota Gunungsitoli. Sebab, yayasan tersebut sudah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Gunungsitoli.

"Hasilnya cukup memuaskan, karena di tahun 2021 ini satu ODGJ yang berasal dari Desa Avia, Kecamatan Gunungsitoli Utara dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke pihak keluarga", ungkap David.

Lebih jauh David mengatakan, jika selama menjalani rehabilitasi ODGJ diberikan pelatihan dan kegiatan khusus untuk memacu ingatannya. Sebagai contoh, ODGJ diajak mengikuti kegiatan keagamaan.

"Yayasan ini bukan rumah sakit yang mempunyai dokter spesialis kejiwaan, tetapi yayasan rehabilitasi dengan metode kerohanian. Meski demikian, dokter umum disediakan memeriksa kesehatan ODGJ setiap satu bulan", tandas David. (ds/Ris) 

Share:
Komentar

Berita Terkini