Berkat Laoli: Jangan Takut Laporkan Bandar Narkoba ke Aparat Hukum

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com -  Masyarakat Desa Dahadano, Kecamatan Lotu, Kabupaten Nias Utara meminta keseriusan pemerintah dan aparat kepolisian dan Badan Nasional Narkotika (BNN) untuk memberantas peredaran Narkoba di Nias Utara. 

Tidak hanya itu, masyarakat juga mengaku heran dan mempertanyakan mengapa hingga saat ini Narkoba baik di Nias Utara maupun di Indonesia semakin banyak beredar. Padahal jika dilihat dari informasi baik melalui media cetak dan elektronik, aparat penegak hukum selalu mengejar dan menangkap para pelaku dan bandar narkoba. 

Demikian ungkapan masyarakat Nias Utara saat kegiatan Sosial Peraturan Daerah (Sosper) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dari Fraksi Partai NasDem, Pdt Berkat Kurniawan Laoli S.Pdi, di Desa Dahadano Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara, Sabtu (17/4/2021). 

Hadir pada Sosper tersebut Kepala BNNK Gunung Sitoli, Kepala Desa Dahadano Selatieli Zalukhu, Ketua PGPI Nias Utara Pdt Elifati Gea, S.Th dan pengurus, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta pemuda gereja yang tergabung dalam wadah PGPI Nias Utara.

Pada kesempatan itu, Kepala BNNK Gunung Sitoli menyampaikan bahwa banyak faktor yang menyebabkan masyarakat tergoda bahkan terjerumus mengkonsumsi narkoba, salah satunya adalah akibat pergaulan bebas yang tidak terkontrol. 

"Sehingga dengan mudah para generasi muda bangsa terjerumus mengkonsumsi narkoba," paparnya. 

Selain itu, lanjut Kepala BNNK Nias Utara, meskipun dengan anggaran yang terbatas sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya narkoba bagi diri, keluarga, masyarakat bahkan bangsa dan negara. 

Para bandar, lanjutnya, tidak mau tahu terhadap dampak yang dihasilkan jika seseorang mengkonsumsi narkoba. 

"Yang penting bagi mereka (para bandar,red) barang haram ini bisa terjual dan mendapat keuntungan besar," cetusnya. 

Sementara itu, Wakil Rakyat Berkat Laoli meminta semua pihak untuk bersatu dalam memerangi Narkoba, khususnya di Nias Utara. 

"Dimulai dari diri sendiri kemudian diyakinkan kepada kelurga, teman dan lingkungan bahwa narkoba itu merusak segalanya, khususnya masa depan. Kita harus berani melaporkan kepada aparat penegak hukum jika ada melihat seseorang yang menjual narkoba kepada warga, agar para penjual itu segera ditangkap dan ditelusuri sampai ke bandar besarnya oleh aparat," ungkap Berkat. 

Berkat juga menjelaskan bahwa baru-baru ini Sumut, merupakan provinsi yang paling banyak peredaran narkoba. Aparat penegak hukum berulang kali menangkap para bandar besar narkoba. 

"Namun seperti tidak ada jeranya, peredaran narkoba di Sumut masih tetap ada. Bahkan provinsi peringkat teratas untuk peredaran narkoba. Jelas ini menjadi preseden buruk untuk Sumut. Maka dari itu, mulai sekarang kita harus bersatu dan bertekad memerangi peredaran narkoba. Jangan segan-segan melaporkan kepada Kades ataupun aparat penegak hukum jika melihat para bandar menjual narkoba dilingkungan kita," tandas wakil rakyat ini yang dikenal kritis. (sus)

Share:
Komentar

Berita Terkini