Walikota Gunungsitoli Buka Rapat Koordinasi Penetapan Prioritas Pembangunan Desa

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Walikota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Ir. Lakhomizaro Zebua resmi membuka rapat koordinasi penetapan prioritas pembangunan Desa Tahun 2021. Pembukaan rapat koordinasi tersebut berlangsung di ruang pertemuan kantor Camat Gunungsitoli, Senin (25/01/2021).

Dalam arahannya, Walikota Gunungsitoli menjelaskan bahwa rapat koordinasi dilaksanakan untuk memberi pemahaman dan menyatukan persepsi pemangku kepentingan khususnya Kepala Desa dan BPD.

Sehingga saat melaksanakan kegiatan pemberdayaan dan pembangunan di Desa, tidak menimbulkan perbedaan pendapat terkait sinergitas dan arah kebijakan pemerintah pusat dan Pemerintah Kota Gunungsitoli. Maka untuk mendukung itu, diharapkan pemangku kepentingan bersinergi dalam melaksanaan roda pemerintahan desa.

“Dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan desa Tahun 2021, Pemerintah Kota Gunungsitoli memprioritaskan sasaran penggunaan dana desa sesuai Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 yang berorientasi kepada empat sektor", kata Walikota.

Adapun empat sektor tersebut, yakni  sektor pendidikan, sektor kesehatan, sektor ketahanan pangan dan Pertanian, serta sektor pengembangan bumdes.

Oleh karenanya, lanjut Walikota, Pemerintahan Desa hendaknya memahami dan menaati apa yang menjadi tugas, wewenang, kewajiban serta tanggung jawabnya.

"Dimana dalam kehidupan masyarakat desa, Pemerintahan Desa mempunyai kedudukan utama dan sentral. Karena segala perbuatan, tindakan dan tutur kata menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat", ujar Walikota.

Diakhir arahannya, Walikota mengharapkan pemerintahan desa dapat terus memegang teguh kepercayaan dan menghindari tindakan merugikan masyarakat maupun yang bertentangan dengan hukum. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini