Musrenbang RKPD, Bupati Taput Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Jalan

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs Nikson Nababan, memimpin Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Taput Tahun 2022 bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Kadis Pemuda dan Olahraga, Ardan Nur, di Gedung Sopo Partungkoan, Tarutung, Rabu (31/03/2021).


Dalam arahannya, Bupati mengucap syukur karena pertumbuhan ekonomi Taput termasuk membanggakan, karena masih diangka positif walaupun dimasa pandemi Covid-19 saat ini. Pertumbuhan ekonomi Taput salah satu yang tertinggi yaitu pada angka 1,50%.

"Terkait rencana pembangunan yang kita laksanakan, infrastruktur jalan dan jembatan masih merupakan fokus primer tahun 2022. Ini masih skala prioritas sampai akhir masa priode saya, sehingga interkoneksi daerah dapat terwujud termasuk lokasi sentra pertanian dan perikanan. Pembangunan irigasi juga masih dibutuhkan untuk mendukung program pertanian padi pola IP2," ujar Bupati.

Pemerintah Taput telah menyampaikan berbagai usulan kepada Pemerintah Pusat terkait usulan DAK. Untuk itu Bupati berharap dukungan dan sinergitas dengan Provinsi Sumut sebagai Pemerintah Atasan tetap berjalan dengan baik sehingga usulan tersebut dapat terealisasi secepatnya.

Bupati Taput juga menyampaikan berbagai program pembangunan lainnya yang membutuhkan perhatian pemerintah atasan. Termasuk dukungan anggaran dan terutama dalam program pembinaan UMKM, bantuan bagi para petani dan peternak, seperti ternak babi yang tahan terhadap virus corela.

"Kita sedang giatnya untuk pengembangan segala potensi di Taput, terutama untuk pengembangan UMKM lokal. Kami berharap agar Pemerintah Povinsi Sumut turut mendukung dalam pengurusan akte para UMKM. Selain itu, berbagai bantuan yang akan diberikan melalui APBD Provsu hendaknya tetap berkoordinasi dan bersinergi dengan kami sehingga bantuan tersebut lebih tepat sasaran dan sesuai dengan skala prioritas kita," tambah Bupati.

Bupati kembali menginstruksikan agar jajarannya tetap melakukan peningkatan kinerja, termasuk dalam hal pelaporan. Mengupayakan agar kinerja seluruh perangkat daerah dapat dicapai tanpa melulu berharap dari APBD Kabupaten, tetapi bisa mengupayakan dari anggaran pemerintah atasan, baik itu Provinsi maupun Pemerintah Pusat melalui Kementeriannya.

Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi dalam sambutannya dibacakan oleh Kadis Pemuda dan Olahraga Provsu, menyampaikan apresiasi atas berbagai usulan Pemerintah Kabupaten Taput dalam upaya pencapaian visi dan misi.

Kondisi pandemi saat ini memaksa semua pihak untuk fokus pada penanganan virus Covid-19, sehingga anggaran semakin terbatas untuk pembangunan fisik dan non fisik.

"Forum Musrenbang ini memiliki makna yang sangat penting dan strategis, mengingat sebagai penjabaran visi misi dan juga berdasarkan hasil evaluasi serta perkembangan ekonomi sosial," ujar Kadispora Provsu, Ardan Nur.

Sementara Kepala Bappeda Taput Luhut Aritonang, menjelaskan kegiatan Musrembang RKPD ini dilaksanakan selama 2 hari, termasuk dengan pelaksanaan paparan/diskusi panel oleh beberapa Dinas Provsu dan pelaksanaan desk.

Musrenbang RKPD ini dihadiri beberapa pimpinan Perangkat Daerah Provsu, Dandim 0210/TU Lerkol Rony Agus Widodo, Wakil Ketua DPRD Taput Fatimah Hutabarat, Kapolres Taput AKBP Muhammad Saleh, Ketua Pengadilan Negeri Golom Silitonga, Sekretaris Daerah Indra Simaremare, pimpinan OPD dan Camat, serta beberapa stakeholder. (ds/Bisnur Sitompul) 
Share:
Komentar

Berita Terkini